//

PENGARUH NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN PERENCANAAN PENGAJARAN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA PROGRAM STUDI FISIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang tia listika - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Strategi Belajar Mengajar dan Perencanaan Pengajaran terhadap nilai mata kuliah Pengajaran Mikro pada program studi Fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk korelasional untuk mengkaji hubungan antara prestasi belajar mata kuliah strategi belajar mengajar dan mata kuliah perencanaan pengajaran dengan mata kuliah pengajaran mikro. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Fisika FKIP Unsyiah angkatan 2009 yang telah mengambil mata kuliah Strategi Belajar Mengajar, Perencanaan Pengajaran dan mata kuliah Pengajaran Mikro, yang berjumlah 74 orang mahasiswa. Jadi, sampel dalam penelitian ini diambil semua dari total populasi yaitu 74 orang mahasiswa. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan Library research (penelitian kepustakaan)sedangkan untuk mengolah data digunakan teknik korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis digunakan tes statistik uji–t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai mata kuliah strategi belajar mengajar (X1) terhadap nilai mata kuliah pengajaran mikro (Y) dimana dari perhitungan terlihat bahwa thitung ttabel = 1.95, untuk mata kuliah perencanaan pengajaran (X2) terhadap pengajaran mikro (Y) terdapat pengaruh yang positif dimana thitung ttabel = 1.95 sedangkan untuk nilai mata kuliah startegi belajar mengajar (X1) terhadap perencanaan pengajaran (X2) terdapat pengaruh yang positif dimana thitung ttabel = 1.95. Adapun untuk nilai mata kuliah strategi belajar mengajar dan perencanaan pengajaran terhadap pengajaran mikro juga menunjukkan pengaruh yang positif dimana yaitu 7.0 3,13 dengan koefisien determinasi adalah 0.1681 yang menunjukkan pengaruh nilai strategi belajar mengajar dan nilai perencanaan pengajaran terhadap pengajaran mikro sebesar 16.81%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA TERHADAP MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO PADA MAHASISWA FISIKA SEMESTER GENAP 2016/2017 FKIP UNSYIAH (M. Iqbal Sugita, 2017)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DAN EVALUASI PENGAJARAN FISIKA (EPF) DENGAN NILAI MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA (PPF) PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (Sri Ulina, 2018)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (MKSBM) DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA BIOLOGI PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO (MKPM) TAHUN AKADEMIK 2013/2014 (Raduan, 2014)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I TERHADAP NILAI MATA KULIAH LISTRIK MAGNET MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (TEUKU MUHAMMAD HARY RAMADHAN, 2018)

HUBUNGAN DAN PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP NILAI MATA KULIAH MEKANIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Caca Candra Kirana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy