//

LITERASI MEDIA PARENTING PADA ANAK YANG MENONTON TELEVISI DI GAMPONG PEURADA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Milna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Literasi Media Parenting Pada Anak yang Menonton Televisi di Gampong Peurada Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemahaman orangtua terhadap literasi media televisi, bagaimana peran orangtua dalam mengawasi anak yang menonton televisi, dan kendala apa saja yang dialami oleh orangtua dalam melakukan pengawasan pada saat anak menonton televisi”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini yaitu untuk mendapatkan hasil bagaimana pemahaman literasi media televisi keluarga, bagaimana cara orangtua mengawasi anak yang menonton televisi, dan kendala apa saja yang dialami oleh orangtuadalam melakukan pengawasan pada saat anak menonton televisi di Gampong Peurada Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Teori yang digunakan adalah teori Kultivasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap beberapa informan dan melakukan observasi lapangan. Wawancara dilakukan terhadap 8 onforman khususnya ibu-ibu yang tinggal di Gampong Peurada dan telah ditentukan secara Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa pengetahuan orangtua perihal apa yang mereka ketahui mengenai media televisi hanya sebatas kulit luar saja. Informan pada umumnya hanya sekedar mengetahui sekilas tentang media televisi. Pemahaman yang minim tentang media televise tersebut membuat informan tidak memiliki sudut pandang lain terhadap pesan-pesan yang dibuat oleh media. demikian pula pengawasan orangtua terhadap anak dilakukan dengan dua cara: pemindahan siaran televisi dan membiarkan anak memilih acara yang diinginkan. Dalam melakukan pengawasan, orangtua juga mendapat beberapa kendala diantaranya: (1) anak menjadikan televisi sebagai teman paling nyaman, (2) pemilihan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak, (3) kepedulian orangtua terhadap tayangan yang ditonton oleh anak, (4) pengawasan yang dilakukan oleh orangtua pada anak. Kata Kunci: Literasi Media, Keluarga, Pendampingan Anak, Menonton Televisi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmawati, 2014)

BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGAWASI ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG RUKOH, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (ikhlasillah, 2014)

PREFERENSI ORANG TUA TERHADAP TAYANGAN EDUKATIF DI TELEVISI DALAM PENDAMPINGAN ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP ORANG TUA DI GAMPONG LAMTEUNGOH KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR) (Khairina, 2017)

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGONTROL PERILAKU ANAK USIA DINI PADA SAAT MENONTON TELEVISI DI GAMPONG COT LHOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Darniati, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASANRNDI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAHRNDASAR KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (HUSNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy