//

PENGARUH KARAKTERISTIK PANTAI DAN NAUNGAN SARANG TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI SYIAH KUALA, BANDA ACEH DAN LEUPUNG, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Hatta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian berlangsung dari bulan Januari-Juni 2016. Kegiatan penelitian dilakukan di Pantai Syiah Kuala, Banda Aceh dan Leupung, Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh karakteristik pantai penetasan telur penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dan mengetahui pengaruh naungan sarang terhadap jumlah telur penyu lekang yang menetas. Parameter lingkungan pantai penetasan yang diamati adalah suhu, intensitas cahaya, kelembaban, kadar air dan karakteristik pasir sarang. Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial 2 faktor kemudian dianalisis menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan diuji lanjut menggunakan uji Tukey. Pantai Syiah Kuala pasirnya bewarna hitam, sementara Pantai Leupung memiliki pasir bewarna putih dan terdapat muara sungai di sekitarnya. kedua pantai didominasi oleh pasir sangat halus yang di kategorikan lanau berpasir (Sandy silt). Hasil yang diperoleh bahwa Jumlah telur penyu lekang yang menetas pada sarang yang teletak di Pantai Syiah Kuala lebih banyak (2,90 ± 1,85) secara nyata dibandingkan jumlah telur yang menetas di pantai Leupung (1,50 ± 1,26). Perbedaan lokasi pantai memberi pengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PENETASAN TELUR PENYU DI PANTAI LAMREH, ACEH BESAR (Mushlihur Rusydi Fhunki, 2018)

PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG SYIAH KUALA, BANDA ACEH (Fitri Rianda, 2017)

DETERMINASI SEKS EMBRIO PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR (Febrina Hamaryandha, 2017)

KARAKTERISTIK HABITAT PENDARATAN PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Darwin Saputra, 2017)

IDENTIFIKASI HABITAT BERTELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI PANTAI UJONG PANCU DAN PANTAI LAMTEUNGOH KABUPATEN ACEH BESAR (Dedi Hardadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy