//

UJI MIKROBIOLOGI IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) YANG DIDISTRIBUSIKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO DAN OLEH PEDAGANG IKAN KELILING (PIK) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ryansyah Putra Affandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas ikan tongkol (Euthynnus affinis) yang didistribusikan di tempat pelelangan ikan (TPI) Lampulo dan oleh Pedagang Ikan Keliling (PIK) di Kota Banda Aceh, yang dilaksanakan pada Bulan Febuari hingga Mei 2016. Penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel ikan dari pedagang di TPI dan PIK. Sampel diambil secara purpossive sampling. Jumlah pedagang yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah tiga pedagang di TPI dan tiga orang PIK. Pada tiap-tiap pedagang diambil sebanyak tiga ekor ikan sebagai sampel untuk diuji cemaran mikroba. Terhadap pedagang ikan yang terpilih juga diwawancarai menggunakan kuisioner terstruktur. Sampel ikan diuji dengan uji mikrobiologi yang digunakan adalah parameter jumlah mikroba yang terdapat pada ikan tongkol (Euthynnus affinis). Pengambilan sampel diulang sebanyak dua kali per jenis pedagang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat cemaran mikroba yang terdapat di TPI Lampulo (8,8x103 CFU/g) tergolong dibawah SNI (5x105 CFU/g) dibandingkan dengan ikan yang didistribusikan oleh pedagang ikan keliling di Kota Banda Aceh (1,1x107 CFU/g). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ikan yang dijual oleh PIK melebihi cemaran mikroba standar SNI. Kata Kunci: Uji mikrobiologi, tongkol, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pedagang ikan Keliling (PIK), Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PARASIT PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN LHOKNGA ACEH BESAR (Nurul Hidayati, 2014)

JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (Ria Apriani, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS (Yusmiati, 2016)

DAMPAK TEMPAT PELELANGAN IKAN DESA LAMPULO TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG IKAN ECERAN PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (Desi Arianti, 2016)

ANALISIS BIOEKONOMI SUMBERDAYA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP.) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Hajjatul Mabrura, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy