//

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS AWAL MIN ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang vera rahmadani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: membaca permulaan, kelas awal Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Membaca di Kelas Awal MIN Ulee Kareng Banda Aceh” ini mengangkat masalah (1) bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) membaca di kelas awal, (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas awal, dan (3) bagaimana hasil pembelajaran membaca di kelas awal. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas awal dengan intonasi dan ejaan yang tepat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca di kelas awal, khususnya pelaksanaan membaca dengan intonasi dan ejaan yang tepat, dan (3) untuk mengetahui hasil pembelajaran membaca di kelas awal. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III D MIN Ulee Kareng Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah studi dokumen, observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data, yakni (1) menganalisis secara deskriptif hasil studi dokumentasi terhadap RPP, (2) menganalisis secara deskriptif hasil observasi terhadap proses pembelajaran membaca, dan (3) menganalisis secara deskriptif hasil wawancara dengan guru mengenai proses pembelajara membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penyusunan rencana pembelajaran yang dirancang guru bidang studi Bahasa Indonesia pada siswa kelas III D MIN Ulee Kareng Banda Aceh tidak mencapai KKM. Guru tidak menggunakan metode yang beragam, penggunaan media pembelajaran terlalu sempit hanya menggunakan buku pengantar atau paket dari perpustakaan sekolah, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca cerpen dan membaca intensif pada siswa kelas III D MIN Ulee Kareng Banda Aceh tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang disususun oleh guru kelas. Selain itu penggunaan media atau sumber belajar masih sangat minim, dan (3) secara keseluruhan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta hasil dari membaca siswa di kelas III D MIN Ulee Kareng Banda Aceh tidak tuntas sesuai KKM yang diterapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DI SEKOLAH DASAR (SDRN0 SEKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (nadhia, 2014)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS I SD NEGERI 27 KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Nurmala, 2017)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Sugeng Intoro, 2013)

PERBANDINGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV DI SDN 66 KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (adil fajriana, 2014)

KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ULEE KARENG BANDA ACEH (Sri Putri Wulandari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy