//

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN CUCI TANGAN DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MIN KUTABARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KEUMALASARI - Personal Name
SubjectHEALTH CARE
HEALTH PROMOTION - MEDICINE
STUDENT HEALTH PROGRAMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Keperawatan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN CUCI TANGAN DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MIN KUTABARO ACEH BESAR Oleh: Keumalasari Komisi Pembimbing: Dr. Kartini Hasballah, M.S, Apt Dr. dr. Imran, Sp. S., M. Kes ABSTRAK Cuci tangan dan jajanan sehat merupakan salah satu solusi yang mudah dan efektif dalam pencegahan penyakit menular dan juga dapat mencegah gangguan saluran pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan cuci tangan dan jajanan sehat terhadap pengetahuan dan sikap siswa MIN Lamrabo Kecamatan Kutabaro Kabupaten Aceh Besar. Intervensi promosi kesehatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, demontrasi serta permainan menggunakan leaflet, booklet dan gambar. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan design pre experimental berupa the one gruop pretest-posttest design terhadap 153 responden yang diperoleh secara purposive sampling. Instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dengan tehnik analisa data menggunakan uji statistik parametrik paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh promosi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dengan nilai rerata 8,398 sebelum intervensi meningkat jadi 13,99 (p=0,000) dan peningkatan sikap dengan nilai rerata 47,74 sebelum intervensi meningkat jadi 64,47 (p=0,000). Promosi kesehatan merupakan prioritas utama dan merupakan salah satu intervensi keperawatan yang efektif meningkatkan tingkat kesadaran siswa akan pentingnya cuci tangan dan jajanan sehat di sekolah. Diharapkan pendidikan kesehatan tentang cuci tangan dan jajanan sehat dapat dijadikan salah satu tindakan keperawatan pada siswa di sekolah. Kata Kunci : promosi kesehatan, cuci tangan, jajanan sehat, pengetahuan, sikap, siswa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS KARTU KUARTET BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT BERDASARKAN TEORI HEALTH PROMOTION MODEL PADA SISWA SMP NEGERI I SIDAMANIK KABUPATEN SIMALUNGUN SUMATERA UTARA (Fitriani Fadillah, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) BANDA ACEH (FARRAHDILLA SARI, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSIHUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI (Muhammad Hendra Rizki, 2015)

HUBUNGAN KEMAMPUAN IBU DALAM MERAWAT BAYI DENGAN MASALAH KESEHATAN BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (cut sari mufti, 2014)

PENGARUH DANA OTONOMI KHUSUS DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP OUTCOMES BIDANG KESEHATAN (STUDI EMPIRIS DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH) (TEUKU BEIZAR HAFNIBAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy