//

PENGUKURAN TINGKAT BERPIKIR SISWA MELALUI TES TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KOLOID

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asyirah Darmia - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi ABSTRAK Kata kunci: Two-tier Multiple Choice, tingkat berpikir, koloid. Penelitian pengukuran tingkat berpikir siswa melalui tes Two-tier Multiple Choice pada materi koloid bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir siswa dan tanggapan siswa setelah diberikan tes Two-tier Multiple Choice. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA Laboratorium Unsyiah tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah masing-masing 31 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan siswa perempuan 17 orang, dan 26 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Two-tier Multiple Choice dan penyebaran angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes Two-tier Multiple Choice dengan 2 desain pada pilihan jawaban yaitu pilihan jawaban ABCDE dan YA-TIDAK serta lembar angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa dengan tingkat berpikit tinggi paling banyak adalah pada indikator sifat-sifat koloid yaitu 45,2%, persentase siswa dengan tingkat berpikir sedang adalah pada indikator sistem koloid yaitu 93,5% dan persentase siswa dengan tingkat berpikir rendah adalah pada indikator koloid liofil dan liofob yaitu sebesar 83,9% pada instrumen tes Two-tier Multiple Choice dengan desain ABCDE. Instrumen tes Two-tier Multiple Choice dengan desain YA-TIDAK persentase siswa dengan tingkat berpikit tinggi paling banyak adalah pada indikator jenis-jenis koloid yaitu sebesar 92,3%, persentase siswa dengan tingkat berpikir sedang adalah pada indikator sifat-sifat koloid yaitu sebesar 27% dan persentase siswa dengan tingkat berpikir rendah adalah pada indikator sistem koloid yaitu sebesar 80,8%. Hasil tanggapan siswa terhadap tes Two-tier Multiple Choice memberi tanggapan positif sebesar 69%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengukuran tingkat berpikir siswa melalui tes Two-tier Multiple Choice pada materi koloid memberikan hasil yang sangat baik dan bentuk tes Two-tier Multiple Choice dengan desain pilihan jawaban ABCDE lebih efektif mengurangi tebakan siswa dalam menjawab soal dari pada penggunaan bentuk tes Two-tier Multiple Choice dengan desain pilihan jawaban YA-TIDAK.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016)

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusnidar, 2016)

MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH) (Malik Yakubi, 2017)

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Aida Auliyani, 2017)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP TERMOKIMIA DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA KELAS XI IPA 2 SMAN 1 BUKIT BENER MERIAH (Helda Rianti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy