//

ANALISIS INTENSITAS PERCEPATAN TANAH MAKSIMUM GEMPA DI ACEH BARAT (1 JANUARI 1900 - 31 DESEMBER 2015)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anggia Mulia Andini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis intensitas percepatan tanah di Aceh Barat dan sekitarnya telah dilakukan menggunakan model empiris Gutternberg-Ritcher. Penelitian ini difokuskan di wilayah Aceh Barat dan sekitarnya yang terletak pada koordinat 04°61’ - 04°47’ LU 95°00’ - 86°30’ BT. Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang sering di landa bencana salah satunya gempabumi, karena itu analisis intensitas dan percepatan tanah sangat diperlukan mengingat Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang terkena dampak gempabumi 2004 yang terparah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan besarnya nilai intensitas dan percepatan tanah maksimum di Aceh. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk Peta Rawan Bencana Gempabumi untuk Aceh Barat. Penentuan intensitas percepatan gempabumi yang digunakan berasal dari katalog gempa IRIS Eartquake Browser. Katalog gempa yang digunakan mulai dari tahun 1900 sampai tahun 2015. Dimana telah terjadi sebanyak 109 kejadian gempabumi dengan magnitudo (M) ≥5 SR dan kedalaman (h) ≤ 100 km di wilayah Aceh Barat dan sekitarnya menggunakan model empiris Gutternberg-Ritcher. Berdasarkan hasil perhitungan percepatan tanah menggunakan model empiris Gutenberg-Richter, daerah yang mempunyai intensitas percepatan tanah paling tinggi terletak di koordinat 3,41 LU dan 95,9 BT dengan kekuatan magnitudo sebesar 9,1 SR, percepatan tanah 798,93 gal (0,81 g) dan kedalaman 26,1 km terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Daerah ini berada jauh dari Aceh Barat namun dampak dari kejadian itu sangat besar. Kejadian gempabumi ini tidak terjadi pada daerah yang sering terjadi gempabumi yaitu pada daerah yang berada pada lintang 3,51 – 4 dan bujur 96,1 – 96,5. Ini menunjukkan bahwa nilai intensitas percepatan tanah tidak berdasar dari jumlah kejadian gempa yang terjadi di daerah tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RESPON SPEKTRA TERHADAP PERCEPATAN GERAKAN TANAH AKIBAT GEMPA ACEH TAHUN 2010 – 2013 (David Sarana, 2015)

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA LOKASI JEMBATAN LAMBARO, ACEH BESAR (MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KISHIDA, WHITMAN, DAN SEED & IDRIS) (Lia Amalia, 2015)

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH (MENGGUNAKAN METODE ANALISIS DARI SEED ET AL; CASTRO; KISHIDA) (Rahma Audina Rahayu, 2018)

KAJIAN DISTRIBUSI LOGAM BERAT MANGAN (MN) DAN BESI (FE) PADA TANAH YANG PERNAH DILANDA TSUNAMI SETELAH 10 TAHUN DI ACEH MENGGUNAKAN DATA EMISI SPEKTRAL TEKNIK SPEKTROSKOPI PLASMA LASER LIBS (LASER INDUCED BREAKDOWN SPECTROSCOPY) (Mirza saputra, 2015)

ESTIMASI PENURUNAN AKIBAT LIKUIFAKSI BERDASARKAN NILAI SAFETY FACTOR DAN VOLUMETRIC STRAIN MENGGUNAKAN METODE ISHIHARA DAN YOSHIMINE (STUDI KASUS PADA PELABUHAN MALAHAYATI ACEH BESAR) (Fahmi Jumadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy