//

PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP RESPON PENERIMAAN OBAT PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYIFAUL HASANAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 09Agustus 2016 XII Halaman + VI BAB + 74 Halaman + 7 Tabel + 2 Skema + 16 Lampiran SYIFAUL HASANAH 1412101010145 PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP RESPON PEMBERIAN OBAT PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Saat menjalani terapi dirumah sakit, anak rentan mengalami stress apalagi pada saat pemberian obat berlangsung anak sering merasa ketakutan dan menolak. Salah satu intervensi keperawatan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan terapi bermain puzzle. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan Non Randomized Control Group Pretest and Posttest Design (Non Equivalent Control Group). Yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle dengan respon penerimaan obat pada anak usia prasekolah di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Agustus 2016 di seurene I dan ruang thalasemia diRumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengambilan sampel mengunakan purposive sampling sebanyak 44 responden. Pengumpulan data mengunakan alat ukur kuesioner dengan metode wawancara. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariate. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap respon pemberian obat pada anak usia prasekolah (p-value 0.048). Ada perbedaan respon pemberian obat pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain puzzle (p-value 0.000). Ada perbedaan respon pemberian obat pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain puzzle (p-value 0.000). Disarankan bagi Rumah Sakit hendaknya dapat mengkondisikan ruangan tempat anak-anak dalam menjalani rawat inap seperti ruangan yang terdapat permainan puzzle atau mendesain ruangan rawat anak yang menarik agar anak tidak mengalami traumatik selama dirawat. Kata Kunci : Puzzle, Obat, Anak Usia Prasekolah Daftar Bacaan : 20 buku , 12 jurnal , 7 Sumber Online (2002-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ASISKA, 2014)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

HUBUNGAN ATRAUMATIC CARE DENGAN DAMAPK PSIKOLOGIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ROSLAINI, 2014)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

HUBUNGAN SINDROM NEFROTIK TERHADAP GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-6 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Firda Nur Islami , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy