//

PENGETAHUAN PENATALAKSANAAN GIGITAN HEWAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dedi Purwanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penatalaksanaan gigitan hewan yang tepat dapat mengurangi komplikasi akibat gigitan hewan seperti infeksi, penyakit rabies, penyakit tetanus, perdarahan hebat, syok hingga kematian. Penatalaksanaan tersebut terntunya harus didukung dengan pengetahuan yang dimiliki seseorang. Sehingga penatalaksanaan yang tepat dapat menurunkan angka kematian dan angka kesakitan akibat gigitan hewan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan mahasiswa tentang penatalaksanaan gigitan hewan. Jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan cross sectional study dan teknik pengambilan data Total Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unsyiah angkatan 2012 Reguler A yang berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk angket yang terdiri dari 13 item pertanyaan multiple choice. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan 58 orang (65,2%) memiliki pengetahuan yang baik mengenai penatalaksanaan gigitan hewan. Direkomendasikan kepada mahasiswa untuk lebih menerapkan pengetahuan penatalaksanaan gigitan hewan dalam bentuk skill (keterampilan) serta mengakses evidence bace practice terbaru. Kata Kunci : Gigitan Hewan, Penatalaksanaan, Mahasiswa Keperawatan, pengetahuan Daftar Bacaan : 13 buku, 11 jurnal, 6 artikel, (2000 – 2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PEMILIK DALAM MEWASPADAI GIGITAN ANJING HEWAN PENULAR RABIES (HPR) DI EMPAT KECAMATAN KOTA JAMBI (Hardianti Purnama Sari, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PERLINDUNGAN DIRI (APD) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ELVIA MALBENI, 2014)

GAMBARAN PROSES ADAPTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Habibi, 2017)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUCING RAS DAN KUCING LOKAL (FELIS CATUS) SEBAGAI HEWAN KESAYANGAN DALAM KAJIAN KESEJAHTERAAN HEWAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Arief Aulia Rahman, 2018)

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KESEJAHTERAAN HEWAN (ANIMAL WELFARE) PADA KUCING (Taufik Arrahman Siregar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy