//

PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rena Intan Mauliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kanker payudara adalah jenis kanker dengan prevalensi tertinggi kedua di dunia. Kanker payudara paling sering ditemukan pada wanita. Pada umumnya penderita kanker payudara ini tidak dapat ditolong karena terlambat diketahui dan diobati. Salah satu wilayah di Indonesia yang mengalami peningkatan jumlah pasien dengan masalah kanker payudara adalah Aceh. Kanker payudara sebenarnya dapat diatasi dengan deteksi dini yang dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap wanita dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari), tapi dimasyarakat ditemukan masih banyak wanita-wanita yang belum memiliki pengetahun tentang teknik untuk melakukan Sadari. Tujuan penelitian ini adalah melihat tingkat pengetahuan ibu tentang pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 sampai 25 Juni 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan proportional to size dengan jumlah sampel 92 responden. Teknik metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan langsung kepada 92 responden yang terdiri dari 20 pernyataan. Metode analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan ibu tentang konsep pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh berada pada kategori baik sebanyak 79 responden (85,9%) dan pengetahuan ibu tentang teknik pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh berada pada kategori baik sebanyak 76 responden (82,6%). Diharapkan pada wanita dapat melakukan SADARI secara rutin mencegah dan deteksi dini kanker payudara. Kata kunci : Pengetahuan, Teknik, Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Daftar bacaan : 26 Buku + 10 Skripsi + 4 Jurnal + 3 Sumber Online (2001–2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) (, 2015)

PENGARUH PELATIHAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KADER KESEHATAN TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (NURLELA MUFIDA, 2015)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (cut zuhra nurista, 2014)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU SADARI DI SMA N 4 BANDA ACEH TAHUN 2012 (Rahmi Muhammad Ali, 2013)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS BANDA ACEH (Layyina Misqa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy