//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI PADA BAYI 0 - 6 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANIS AMINAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 4 Agustus 2016 VI Bab + 78 halaman + 10 tabel + 1 skema + 18 lampiran ANIS AMINAL 1412101010148 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI PADA BAYI 0 – 6 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM TAHUN 2016 ABSTRAK Pemberian ASI secara eksklusif selam 6 bulan sangat penting di lakukan namun pada kenyataan pemberian ASI eksklusif saat ini masih rendah. Berdasarkan pengamatan di Puskesmas Darussalam Aceh Besar bahwa ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayinya yaitu 45 orang (31%), sedangkan yang tidak memberikan ASI eksklusif yaitu 100 orang (69%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI pada bayi 0 - 6 bulan Di Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study dan menggunakan teknik pengumpulan data accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia 7-12 bulan yang pernah mengunjungi Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Juli - 9 Agustus 2016 di Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Alat instrumen berupa kuesioner. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan pemberian ASI didapatkan hasil berarti p = (0,031) < α (0,05), pada faktor pendidikan dengan pemberian ASI didapatkan hasil hubungan yang signifikan p = (0,007) < α (0,05), pada faktor pekerjaan dengan pemberian ASI didapatkan hasil hubungan yang signifikan p = (0,014) < α (0,05), pada faktor pendapatan dengan pemberian ASI didapatkan hasil hubungan yang signifikan p = (0,032) < α (0,05), pada faktor pendapatan dengan pemberian ASI didapatkan hasil hubungan yang signifikan p= value (0,032) < α (0,05), sedangkan pada faktor sosial budaya dengan pemberian ASI didapatkan hasil hubungan yang signifikan p-value (0,007) < α (0,05). Penulis menyarankan kepada perawat puskesmas agar dapat memberikan penyuluhan bagi para ibu atau masyarakat mengenai pemberian ASI eksklusif melalui media yang mudah diterima oleh masyarakat seperti menggunakan leaflet dan poster. Kata kunci : Pengetahuan, Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Sosial budaya, Pemberian ASI Daftar bacaan : 22 buku, 7 skripsi, 5 sumber internet (2002-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JENIS PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Yusra, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI DENGAN KECUKUPAN ASI PADA BAYI USIA 1-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN DARUSSALAM (Rayhana, 2017)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU SAPI DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI FUNGSIONAL PADA BAYI USIA 1-6 BULAN DI PUSKEMAS KOPELMA DARUSSALAM (Ferina Mega Silvia, 2018)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL (Anna Mirah Putri, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK MENGGUNAKAN DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST (DDST) PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Siti Hariaty Putri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy