//

HUBUNGAN NILAI DIPOLE MODE TERHADAP CURAH HUJAN DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang wardi - Personal Name
SubjectRAINFALL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

penelitian ini dilakukan untuk menentukan hubungan fenomena dipole mode terhadap curah hujan di Aceh Besar dengan menggunakan data indeks dipole mode dan data curah hujan stasiun Indrapuri Kabupaten Aceh Besar selama 16 tahun yaitu dari tahun 1997 hingga tahun 2012 serta data normal atau rata-rata curah hujan Aceh Besar. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis spektrum Fast Furier Transform (FFT) dan analisis kenormalan curah hujan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spektrum curah hujan aceh Besar memiliki periodesitas 6, 8, 10, 42, 50, 52, 66, 76, 78, 80, 100, 102, 110, 136, dan 156 bulanan terhadap spektrum indeks dipole mode. Hasil tersebut diperoleh dengan cara membandingkan frekuensi indeks dipole mode dan frekuensi curah hujan pada periode yang sama. Dibanding fenomena dipole mode negatif (DM -) fenomena dipole mode positif (DM +) memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap curah hujan Aceh Besar, hal ini berdasarkan pada jumlah kesamaan periode puncak dan lembah frekuensi indeks dipole mode terhadap Aceh Besar. Untuk dipole mode positif memiliki kesamaan puncak dan lembah frekuensi terhadap curah hujan Aceh Besar sebanyak 26 kali, sedangkan kesamaan periode puncak dan lembah frekuensi indeks dipole mode negatif terhadap curah hujan Aceh Besar hanya sebanyak 12 kali. Kata kunci: Curah hujan, fenomena dipole mode, fast faurier transporm

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA DINAMIKA ATMOSFER PADA PRAKIRAAN IKLIM (CURAH HUJAN) BULANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARIMA DI STASIUN KLIMATOLOGI INDRAPURI (Muhajir, 2013)

ANALISIS CURAH HUJAN DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE WAVELET (Anang Heriyanto, 2013)

KARAKTERISTIK ATMOSFER DAN LAUT DI SAMUDERA HINDIA PADA SAAT INDIAN OCEAN DIPOLE (ANALISIS 25 TAHUN DATA METEOROLOGI) (OMYTIA NURMAN, 2013)

ANALISIS POLA HUJAN MUSIMAN DAN FREKUENSI HUJAN EKSTRIM TERHADAP ANOMALI PENGENDALI HUJAN DI ACEH (Khairul Akbar, 2015)

PENGARUH PERTUMBUHAN SIKLON TROPIS PADA BELAHAN BUMI UTARA INDONESIA TERHADAP CUACA DI WILAYAH ACEH (STUDI KASUS TAHUN 2012) (Nur Rahmta Jatmiko, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy