//

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YENNIYAR - Personal Name
SubjectTEACHERS
COUNSELING - EDUCATION
SCHOOL SUPERVISION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH Oleh : Yenniyar Nim : 130920005001 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Nasir Usman, M.Pd 2. Dr. Niswanto, M. Pd ABSTRAK Supervisi pendidikan merupakan upaya pembinaan kepala sekolah kepada guru, dan guru bimbingan konseling di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Proses penyusunan program supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling, 2) Pelaksanaan program supervisi pendidikan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling, dan 3) Tindak lanjut kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa: 1) Program supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh disusun di awal semester setiap tahun ajaran dengan mengikutsertakan wakil kepala sekolah, guru bimbingan konseling, serta guru bidang studi. Program supervisi mencakup kegiatan pembinaan dan bimbingan profesional guru serta pelatihan bagi guru yang disesuaikan dengan bidangnya. 2) Pelaksanaan supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh mengikuti program yang telah disusun, teknik yang digunakan adalah melalui rapat guru, observasi kelas dan percakapan pribadi. Khusus untuk teknik observasi kelas sudah menggunakan panduan observasi, namun kuantitas pada pelaksanaannya belum maksimal. 3) Tindak lanjut pelaksanaan supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh dilakukan melalui pembicaraan individual, pemberian saran, pembinaan, serta membimbing guru bimbingan konseling dengan fokus untuk pelaksanaan kegiatan yang lebih baik, namun kepala sekolah tidak sepenuhnya memahami program bimbingan konseling. Kata Kunci: Supervisi Pendidikan, Kepala Sekolah dan Bimbingan Konseling

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI (SAFRIDA, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (IDAWATI, 2018)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURURNDI SMP NEGERI KECAMATAN KAWAY XVIRNKABUPATEN ACEH BARAT (Mujiam, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy