//

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN MAKSIMUM BERDASARKAN MODIFIED PROCTOR DENGAN SARINGAN YANG SAMA MENGGUNAKAN SNI-1743-2008 (CARA A DAN B)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris Munandar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan penduduk saat ini semakin meningkat, kebutuhan akan bangunan– bangunan infrastruktur yang berhubungan dengan ilmu teknik sipil juga meningkat, seperti jalan raya dan jembatan. Pemadatan tanah, atau disebut kompaksi adalah suatu proses dimana udara pada pori–pori tanah dikeluarkan. Kepadatan tanah dibagi menjadi dua kepadatan ringan (Standard Proctor) dan kepadatan berat (Modified Proctor) dengan menggunakan metode SNI-1743-2008. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepadatan maksimum berdasarkan pengujian Modified Proctor dengan menggunakan cara A dan B. Pengujian pemadatan ini menggunakan nomor saringan yang sama yaitu nomor 4 (4,75 mm) dan yang membedakan ke dua cara tersebut adalah ukuran cetakan dan jumlah pukulan. Tanah tersebut menurut klasifikasi AASHTO tergolong jenis tanah berlempung dengan simbol A-6. Menurut USCS tanah tersebut termasuk golongan tanah Lempung anorganik dengan plastisitas rendah sampai sedang, lempung berkerikil, lempung berpasir, lempung berlanau, lempung kurus (CL). Hasil kepadatan maksimum Modified Proctor pada cara A sebesar 1,75 gr/cm3 sampai dengan 1,87 gr/cm3 dan hasil kepadatan maksimum Modified Proctor pada cara B sebesar 1,84 gr/cm3 sampai dengan 1,93 gr/cm3. Hasil perbandingan menunjukkan nilai kepadatan maksimum dari pengujian Modified Proctor pada cara B lebih besar 1,84% sampai dengan 1,93% dibandingkan dengan kepadatan maksimum Modified Proctor dengan cara A. Dengan demikian kepadatan maksimum Modified Proctor dengan cara A lebih kecil dari pada kepadatan maksimum Modified Proctor dengan cara B. Kata kunci : Kepadatan, Modified Proctor, Standard Proctor, SNI-1743-2008

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN NILAI MODIFIED PROCTOR DAN STANDARD PROCTOR DI LABORATORIUM DENGAN KEPADATAN NILAI SAND CONE DI LAPANGAN (Hendra Syahputra, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN MAKSIMUM BERDASARKAN MODIFIED PROCTOR DENGAN SARINGAN YANG BERBEDA MENGGUNAKAN SNI-1743-2008 (CARA A DAN C) (Jumelia Ardika, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KEPADATAN DENGAN METODE STANDARD DAN MODIFIED PROCTOR TERHADAP TANAH DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI KAPUR (FAZAL HURRI IDRIS, 2014)

STABILISASI TANAH DESA ATEUK ANGGOK KECAMATAN INGIN JAYA DENGAN MENGGUNAKAN ABU SABUT KELAPA TERHADAP NILAI KEPADATAN (TURSINA, 2018)

MODEL HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN PADA PUTARAN BALIK ARAH (U-TURN) DI JALAN T. HASAN DEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELDS (Afifuddin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy