//

STUDI DIAMETER TUBULUS DENTIN SETELAH PEMAPAR AN FLUORIDE 1500 PPM PADA BEBERAPA DURASI WAKTU MELALUI GAMBARAN ATOMIC FORCE MICROSCOPY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iqbal Saputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Iqbal Saputra Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Studi Diameter Tubulus Dentin Setelah Pemaparan Fluoride 1500 ppm pada Beberapa Durasi Waktu melalui Gambaran Atomic Force Microscopy Fluoride sering terdapat di dalam pasta gigi dengan kadar 1500 ppm. Jika fluoride terpapar dengan dentin, fluoride dapat mengubah struktur dan ukuran kristal Hidroksiapatit yang merupakan pembentuk dentin. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemaparan fluoride 1500 ppm terhadap diameter tubulus dentin. Penelitian ini menggunakan Atomic Force Microscopy dan ukuran diameter tubulus dentin dianalisis dengan software gwyddion v.2.30. Enam gigi premolar digunakan sebagai spesimen dan dipotong pada area mahkota dekat CEJ kemudian dihaluskan. Spesimen dikelompokkan ke dalam enam kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok yang dipaparkan larutan fluoride 1500 ppm dengan durasi 1 menit, 3 menit, 5 menit, 8 menit dan 10 menit. Pemaparan dengan fluoride dilakukan selama 7 hari. Sebanyak 5 tubulus dentin dari masing-masing spesimen dihitung ukuran diameternya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa diameter tubulus dentin pada kelompok kontrol memiliki ukuran rerata yang paling besar yaitu 4,41 µm. Sedangkan ukuran rerata diameter tubulus dentin pada kelompok perlakuan yaitu 2,63-3,53 µm. Hasil uji analisi statistik one-way ANOVA dan uji Tukey menunjukkan semua kelompok perlakuan memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelompok kontrol (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DURASI PEMAPARAN LARUTAN FLUORIDE DENGAN KONSENTRASI 0,15% TERHADAP PERUBAHAN KEKASARAN PERMUKAAN DENTIN (Putri Disa Maulida, 2014)

TOPOGRAFI DENTIN SETELAH PENYIKATAN DENGAN SODIUM LAURYL SULFATE PADA BERBAGAI DURASI WAKTU DITINJAU DENGAN ATOMIC FORCE MICROSCOPY (Firda Asbarini, 2014)

DIAMETER TUBULUS SEMINIFERUS, JUMLAH SEL SERTOLI, DAN SEL LEYDIG TIKUS PUTIH DIABETES DAN DITERAPI DENGAN EKSTRAK BUAH PARE (Fitri Novita, 2016)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FLUORIDE PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH PADA TAHUN 2015 (M. Fadhlul Auzan, 2015)

PERBEDAAN APLIKASI LARUTAN FLUORIDE DAN LARUTAN KAKAO (THEOBROMA CACAO LINN) TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN EMAIL GIGI. (Cut Zawil Fitria, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy