//

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhabibah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhabibah, 2016. Perkembangan Sosial Emosional Anak melalui Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya di PAUD Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd., (2) Dra. Erni Maidiyah, M. Pd. Kata Kunci: Perkembangan Sosial Emosional, Intraksi Sosial, Teman Sebaya Bermain bersama teman sebaya dapat merangsang aspek-aspek perkembangan anak, khususnya perkembangan sosial emosional, namun sebagian orang tua berpendapat bahwa teman sebaya hanya dapat membawa pengaruh negatif terhadap anak, sehingga melarang anaknya untuk bermain bersama teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak melalui interaksi sosial dengan teman sebaya di lembaga PAUD Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang anak berusia empat s/d enam tahun, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah guru di lembaga PAUD Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak melalui interaksi sosial dengan teman sebaya di lembaga PAUD Nurul Hidayah cenderung positif, yaitu meliputi; 1) subjek dapat berbagi dengan teman sebaya, 2) dapat menaati aturan yang berlaku dalam permainan, 3) subjek dapat bermain dengan teman sebaya, 4) menunjukkan sikap tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat. Namun ada diantara subjek yang melakukan penyimpangan prilaku seperti memukul, mendorong, mengejek dan menendang temannya. Penyimpangan prilaku yang di lakukan subjek di lembaga PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar masih dapat dikontrol ke arah positif ketika anak melakukan penyimpangan prilaku terhadap teman sebayanya, guru selalu menasehati dan memberi arahan. Diharapkan kepada orang tua, agar tidak melarang anak bermain dengan teman sebaya, karena teman sebaya merupakan salah satu faktor perkembangan sosial emosional. Namun tetap dalam pengawasan orang tua atau guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Rizka Marputri, 2016)

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK (ALVI YUSELLA, 2018)

KONTRIBUSI KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PENERIMAAN TEMAN SEBAYA (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH) (Irfira, 2015)

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLASTISIN DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dila Fazilah, 2018)

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PENDERITA THALASEMIA USIA SEKOLAH DI SENTRAL THALASEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Siti Faizah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy