//

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA LAUNDRY DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zhada Mawadi - Personal Name
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 5 AGUSTUS 2016 xvi + VI Bab + 95 halaman + 19 tabel + 1 skema + 5 gambar + 21 lampiran ZHADA MAWADI 1207101020070 FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA LAUNDRY DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH ABSTRAK Gangguan muskuloskeletal merupakan salah satu penyakit akibat kerja, yang dapat disebabkan oleh posisi atau sikap kerja yang tidak tepat dan faktor lain, dengan gejala berupa sakit, nyeri, mati rasa, kesemutan dan bengkak sehingga dapat menghambat produktivitas. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan jenis kelamin, umur, masa kerja, durasi, gerakan repetitif dan postur dengan keluhan gangguan muskuloskeletal pada pekerja laundry di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini diskriptif korelatif dengan teknik angket dan menggunakan alat ukur kuesioner. Populasinya seluruh pekerja laundry yang ada di Kecamatan Syiah Kuala berjumlah 136 orang dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling yang dikumpulkan dari 29 Juni hingga 19 Juli 2016. Hasil penelitian dari 58 responden, didapatkan 98,3% perempuan, 82,8% umur < 35 tahun, 75,9% masa kerja ≤ 2 tahun, 94,8% durasi yang beresiko, 96,6% gerakan repetitif yang beresiko, 67,4% postur dengan kategori 2. Hasil uji Spearman diperoleh faktor jenis kelamin p-value= 0,346, umur p-value = 0,001, masa kerja p-value = 0,567, durasi p-value= 0,093, gerakan repetitif p-value= 0,177, dan postur p-value = 0,019 (α= 0.05). Sehingga dapat disimpulkan faktor umur dan postur mempunyai hubungan yang signifikan dengan gangguan muskuloskeletal, sedangkan faktor jenis kelamin, masa kerja, durasi, dan gerakan repetitif tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan gangguan muskuloskeletal. Rekomendasi terhadap Puskesmas agar mendukung keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja informal melalui survei dan penyuluhan saat bekerja bagi para pekerja laundry agar mempertahankan posisi yang ergonomis. Kata kunci : Faktor yang berhubungan, Gangguan muskuloskeletal, pekerja laundry Daftar Bacaan :18 buku + 13 jurnal + 10 sumber online + 6 skripsi (2003-2015)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI LAUNDRY MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL (Sarah Auna, 2016)

GAMBARAN PEMAKAIAN MASKER DAN GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN PADA PEKERJA USAHA MEUBEL KAYU DI KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Zainuri, 2016)

PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH (muhajirin, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DAN STATUS GIZI DENGAN GANGGUAN KESEIMBANGAN PADA LANSIA (Suci Dika Utari, 2015)

PENGGUNAAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN STANDAR JASA LAUNDRY (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Mutia Indah Wahyuni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy