//

PENGGUNAAN ECONOMIZER SEBAGAI INSTRUMENT PENDUKUNG DALAM PEMANASAN AIR PADA PROSES KERJA BOILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Amsarina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Economizer adalah salah satu alat yang terdapat di dalam boiler, yang berfungsi untuk menaikkan efisiensi boiler dengan cara memanfaatkan gas asap yang masih efektif untuk menaikkan temperatur air sebelum dialirkan ke cerobong. Economizer berfungsi untuk memanasi air isian ketel sampai (mendekati) titik didihnya, dengan mempergunakan gas asap yang temperaturnya tidak efektif lagi untuk menguapkan air. Dari economizer air dialirkan ke pipa-pipa didih yang berfungsi untuk menguapkan air. Konstruksi economizer terdiri dari susunan pipa-pipa, dimana air mengalir didalamnya dan menerima panas dari gas asap secara konveksi dan konduksi. Untuk memperbesar jumlah panas yang diserap air per satuan waktu, pipa-pipa economizer seringkali diberi sirip-sirip (fin). Bahan pipa economizer dapat dibuat dari besi tuang atau baja. Bahan besi tuang  17 atm tahan terhadap bahaya korosi (karat) tetapi tidak kuat untuk menahan tekanan tinggi, sedangkan bahan baja tahan terhadap tekanan tinggi tetapi tidak tahan terhadap bahaya korosi, tekanan kerja yang tinggi harus menggunakan economizer dari bahan baja. Ukuran economizer : panjang pipa 5160 mm, panjang antar sekat 2800 mm, diameter pipa 70 mm, tinggi keseluruhan 2645 mm, jarak antara pipa ke pipa 100 mm, dan ukuran antara pinggir pipi ke sekat 1180 mm,tekanan inlet economizer 7,93 Mpa dan tekanan outlet economizer 7,71 Mpa dan temperatur air inlet economizer 198,7 0C, temperatur air outlet economizer 295,1 0C, temperatur gas inlet 582,7 0C, Temperatur gas outlet economizer 233,7 0C. Proses perpindahan panas menggunakan sistem counter flow sebesar 119,94 0C. Kata kunci: sistem kerja economizer, Boiler, PLTU

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS TERHADAP TUBE BANKS PADA ECONOMIZER PACKAGE BOILER MACCHI TITAN M PT PIM-2 MENGGUNAKAN METODE NUMERIK (Mohd Qobar, 2017)

PERANCANGAN ULANG BOILER PLTU NAGAN RAYA (T Kamaruzzaman, 2018)

PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA (Qamarullah, 2015)

ANALISA UNJUK KERJA BOILER FEED PUMP KAPASITAS 534 M^3/H TEKANAN 9 MPA DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (M. Yusuf, 2017)

KAJI KARAKTERISTIK PENUMPUKAN ABU PADA BOILER BERBAHAN BAKAR CAMPURAN SERABUT DAN CANGKANG SAWIT (ACHMAD SIDARTA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy