//

PENGARUH KECEPATAN PENGHASILAN GERAM TERHADAP KEAUSAN TEPI MATA POTONG CARBIDE END MILL PADA PROSES MILLING TERHADAP BAJA KARBON SEDANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Fazillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gesekan geram yang dialami mata potong antara permukaan geram yang mengalir dan permukaan benda kerja yang telah terpotong pada saat proses pemesinan berlangsung mengakibatkan terjadinya keausan tepi (VB) mata potong. Keausan mata potong ini sangat dipengaruhi oleh berbagai macam variabel proses, yakni jenis proses pemesinan, material benda kerja, mata potong, dan kondisi pemesinan. Mata potong tidak dapat dipergunakan terus menerus, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kecepatan penghasilan geram terhadap keausan tepi mata potong Carbid End Mill dengan tiga kecepatan potong yang berbeda pada proses Milling. Hasil penelitian ini dapat diketahui dengan kecepatan potong 90 m/min maka didapat nilai keausan tepi mata potong yang terendah 0,02538 mm sampai nilai keausan 0,10034 mm dengan kecepatan penghasilan geram 0,92 cm3/min dan total panjang pemesinan 31,23 m. Sedangkan nilai terbesar terdapat pada kecepatan potong 130 m/min, nilai keausan tepi mata potong yang terjadi 0,04890 mm hingga nilai keausan 0,11655 mm dengan total panjang pemesinan 31,23 m dan nilai kecepatan penghasilan geram 1,34 cm3/min. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa semakin besar kecepatan potong berpengaruh terhadap umur pemakaian mata potong dan berpengaruh antara kecepatan penghasilan geram terhadap keausan tepi mata potong pada proses Milling.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KECEPATAN PENGHASILAN GERAM TERHADAP KEAUSAN TEPI MATA POTONG CARBIDE END MILL PADA PROSES MILLING TERHADAP BAJA KARBON SEDANG (Muhammad Fazillah, 2016)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG FLATTENED END MILL COATED CARBIDES DENGAN VARIASI KECEPATAN POTONG MENGGUNAKAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (Ari Ramadhan, 2015)

ANALISA KEAUSAN TEPI PAHAT POTONG HSS-CO5 END MILL VARIASI KEDALAMAN POTONG DENGAN MATERIAL BAJA KARBON SEDANG (anang zazu setyas, 2015)

PENGARUH LAJU ALIRAN CAIRAN PENDINGIN BERTEKANAN TINGGI TERHADAP KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES BUBUT (azwar maulana, 2013)

PENGARUH KONDISI CAIRAN PENDINGIN TERHADAP KEAUSAN CUTTER END MILL HSS PADA PROSES PEMESINAN BAJA KARBON SEDANG (rifqi fadli azhar hasibuan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy