//

PENGARUH INFRASTRUKTUR TERHADAP SEKTOR PERTANIAN DI PULAU SUMATERA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zakiah Wilis Subroto - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Infrastruktur Terhadap Sektor Pertanian di Pulau Sumatera Nama : Zakiah Wilis Subroto Nim : 1001101010065 Fakultas : Ekonomi Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Diana Sapha. AH, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh infrastruktur seperti variabel jalan dan irigasi terhadap pertumbuhan sektor pertanian di Pulau Sumatera. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik di berbagai provinsi yang ada di Pulau Sumatera, Bank Indonesia, dan Kementerian Pekerjaan Umum. Jenis data yang digunakan adalah data panel yang merupakan gabungan dari time series dan cross section. Data time series yang digunakan adalah data dari 10 provinsi pada periode tahun 2012-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu dari tiga teknik analisis dalam data panel yaitu pool (common) effect model, fixed effect model, dan random effect model, serta uji Chow dan uji Hausman. Maka model yang paling tepat adalah menggunakan metode fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jalan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap sektor pertanian, sedangkan variabel irigasi menunjukkan hasil yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap sektor pertanian di Sumatera. Berdasarkan hasil penelitian dalam konteks pembangunan ekonomi di sektor pertanian Pulau Sumatera diarahkan untuk memacu pemerataan pembangunan irigasi agar hasil produksi pertanian meningkat serta infrastruktur jalan sebagai dasar pendistribusian hasil produksi pertanian dan meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal khususnya pada sub sektor pertanian di Pulau Sumatera. Dengan demikian, pemerintah diharapkan dapat menjaga iklim dan membangun infrastruktur secara berkelanjutan untuk menjaga sektor pertanian tumbuh lebih baik. Kata Kunci: Jalan, Irigasi, Sektor Pertanian Pulau Sumatera, dan Data Panel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JUMLAH TENAGA KERJA, EKSPOR, INVESTASI DAN KREDIT PERBANKAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB)RN SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (ANITA FAIZIAH, 2014)

PENENTUAN PRIORITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PARIWISATA DI PULAU WEH-ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOCATION QUOTIENT (LQ) DAN ANALISIS NETWORK PROSES (ANP) (Herry Akbar, 2016)

DIMENSI SPASIAL PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL DI PULAU SUMATERA (Amlys Syahputra S., 2017)

KESENJANGAN DAN KONVERGENSI ANTAR PROVINSI DI PULAU SUMATERA (PUTRI BULQIS, 2015)

PENGARUH PERDAGANGAN ANTARA PROVINSI ACEH RNDENGAN PROPINSI SUMATERA UTARA TERHADAP RNPERTUMBUHAN EKONOMI ACEH (MARIATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy