//

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meli Andani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Andani, Meli. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd., (2) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi di kelas VIII1 SMP Negeri 18 Banda Aceh. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama pembelajaran berlangsung, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru berupaya untuk menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebagai model pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) materi sistem ekskresi pada manusia di kelas VIII1 SMP Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 pada bulan Maret. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari perempuan 15 orang dan laki-laki berjumlah 17 orang. Teknik Pengumpulan data adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas siswa selama penelitian, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa melalui pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) rata-rata nilai pretes 52,9375 postes 76,4375 peningkatan hasil pretes dan postes adalah 23,5 Hasil uji t diperoleh 14,6 > 2,039 (thitung > ttabel). Dari data aktivitas siswa diperoleh nilai 2,6 dengan kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (NOVIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Raihan Zakia, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy