//

Kajian Jalur Evakuasi Dan Titik Evakuasi Bencana Gempabumi Berpotensi Tsunami Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sugeng Intoro - Personal Name
SubjectDISASTERS SACIAL EFFECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Evakuasi gempabumi yang berpotensi tsunami saat 11 April 2012 di Kecamatan Ulee Kareng menimbulkan kemacetan lalu lintas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mengidentifikasi dan mengkaji jalur evakuasi dan titik evakuasi tsunami yang dilakukan warga Banda Aceh di wilayah Ulee Kareng, mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dalam jalur evakuasi dan penentuan titik evakuasi pada wilayah Ulee Kareng. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 orang di Kecamatan Ulee Kareng, Syiah Kuala dan Kuta Alam sedangkan informan berjumlah 14 orang. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner dan wawancara yaitu menanyakan pertanyaan secara langsung kepada responden dan informan. Hasil penelitian mendapatkan jalur evakuasi mengarah pada Kecamatan Ulee Kareng yaitu Desa Pango Raya sebesar 35%, Doy 9%, Lamglumpang 9% dan Ie Masen Ulee Kareng 3% sedangkan 43% tujuan Aceh Besar. Jalan yang digunakan adalah Jalan P. Nyak Makam, T. Iskandar, Kebun Raja, Prof Doktor Syarif Tayeb dan Lamreung. Titik Evakuasi tsunami mempunyai jarak dari batas genangan tsunami 2004 antara 0,403 – 3,513 km dan jarak dari garis pantai antara 4,21 – 6,446 km. Bangunan evakuasi yang dapat digunakan adalah Masjid Ulee Kareng, Politeknik Aceh, Kantor PU Drainase Banda Aceh, Romen Cafe, Masjid Doy, Meunasah Ie Masen Ulee Kareng dan masjid Lambhuk. Bentuk partisipasi masyarakat adalah pemberian informasi data dan tindakan kesiapsiagaan jalur evakuasi yaitu penempatan petugas lalu lintas di titik kemacetan, perubahan jalur menjadi 1 arah pada Jalan P. Nyak Makam. Sedangkan untuk titik evakuasi adalah pemberian informasi data dan pemberian ijin tempat titik evakuasi tsunami sementara.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Sugeng Intoro, 2013)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA MERDUATI DAN DESA LAMPASEH KOTA KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (Rifha Fachriani, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA ALUE DEAH TEUNGOH, DESA DEAH BARO DAN DESA BLANG OI) DI KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH (Janu Is Aryanto, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA PUNGE BLANG CUT DAN LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Hilda Arfiya, 2015)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA DEAH GLUMPANG, DESA LAMBUNG, DAN DESA COT LAMKUWEH, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Vimia Nabila Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy