//

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN(STUDI KASUS : PUSKESMAS BATOH, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Puskesmas di Aceh diharapkan memberikan pelayanan yang baik dan bermutu sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungannya, salah satunya Puskesmas Batoh, yang dalam aktivitas pelayanannya masih terdapat keluhan dari pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kesesuaian dan tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan, serta sebagai rekomendasi strategi mencapai kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis data IPA, CSI dan SWOT, dengan penyebaran kuesioner sebanyak 185 responden. Pada analisis metode IPA yang masuk kedalam kuadran I terdapat 5 item. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak Puskesmas Batoh dapat memperbaiki atribut-atribut yang masuk kedalam kuadran I sebagai prioritas utama, yaitu : Petugas medis selalu ada sesuai dengan jadwal, Proses pengurusan BPJS cepat dan mudah, Dokter dan perawat bersikap ramah terhadap pasien, Dokter memberikan waktu yang cukup untuk berkonsultasi, Keramahan dan perhatian tenaga medis dalam memberikan pelayanan. Nilai CSI adalah 71,22, artinya pelayanan yang dilakukan perusahaan cukup memuaskan tapi belum maksimal secara keseluruhan. Untuk memberikan kepuasan yang lebih baik dimasa yang akan datang, maka Puskesmas Batoh harus memperbaiki kinerja pelayanan yang belum memuaskan pelanggan. Hasil analisis SWOT terbagi dalam 4 strategi sebagai rekomendasi perbaikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas Batoh. Kata kunci: Pengukuran Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan, Metode Importance Performance Analysis (IPA), Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN HIPERTENSI DIRNPUSKESMAS BATOH KECAMATAN LHUENG BATA BANDA ACEH (Syifa Munawarah, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)

GAMBARAN KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PUSKESMAS KOTAMADYA BANDA ACEH (NAJAL MIZANA, 2015)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH JASA PERBANKAN DI BANDA ACEH (Ramzan Royadi, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Nelly Kartika, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy