//

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL REDUKSI KE KUTUB DAN EKUATOR PADA BENTENG KUTA BATEE TRUMON, ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulfia Firnanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Benteng Kuta Batee merupakan situs bersejarah peninggalan kerajaan Trumon yang terletak di Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. Sebagian dari pondasi bangunannya masih tersisa. Untuk memetakan sebaran sisa bangunan benteng di bawah permukaan, dilakukan penelitian menggunakan metode magnetik. Pengambilan data penelitian dilakukan pada 26 lintasan, setiap lintasan dibuat berupa grid dengan spasi antar grid 2 meter. Setelah dilakukan koreksi harian dan International Geomagnetic Reference Field (IGRF) pada data pengukuran maka diperoleh data anomali medan magnetik total. Anomali medan magnetik total yang didapatkan dari proses pengolahan data kemudian di reduksi ke ekuator dan ke kutub untuk memudahkan tahapan interpretasi. Dari hasil pengolahan data, pendugaan anomali berada di sekiar titik 104.114, 104.92 dan 116.94. Pada reduksi ke ekuator, nilai anomali medan magnetik total yang tinggi berada pada respon anomali terendah. Pada reduksi ke kutub mempunyai nilai anomali medan magnetik total yang tinggi berada pada respon anomali tertinggi. Kata Kunci : Kerajaan Trumon, Benteng, Metode Magnetik, Reduksi ke Ekuator, Reduksi ke Kutub

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL TRANSFORMASI REDUKSI KE KUTUB DI PULAU WEH (Kendek, 2017)

TRANSFORMASI PSEUDO-GRAVITY DATA ANOMALI MAGNETIK UNTUK INVESTIGASI SITUS ARKEOLOGI DI KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (Helma Linda, 2016)

INTERPRETASI ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL DI LAPANGAN PROSPEK EMAS AREA "C" JAWA BARAT (ALVIN CAESAR LESMANA, 2018)

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE VERY LOW FREQUENCY (VLF) PADA KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (widya desfiani, 2016)

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK DI KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (Fitria Rahmadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy