//

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN DATA ANOMALI GAYA BERAT (STUDI KASUS : REMBESAN MINYAK DI KECAMATAN PEUSANGAN, BIREUEN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Taufiqurrahmat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan sebuah penelitian tentang pengukuran variasi medan gravitasi bumi dengan memanfaatkan pengaruh densitas batuan di kawasan rembesan minyak di Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen pada bulan Februari 2016 menggunakan instrumen gravitymeter Scintrex CG-5 sebanyak 110 titik dengan luas area pengukuran 450x500 m2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi nilai gravitasi untuk mengidentifikasi struktur bawah permukaan pada kawasan remebesan minyak dengan pendekatan forward modeling. Data hasil pengukuran gaya berat lapangan yang dipengaruhi oleh faktor dari luar dilakukan koreksi terhadap pengaruh lintang, udara bebas, Bourger, medan, dan apungan guna mendapatkan nilai anomali Bouger lengkap. Interpretasi data anomali gaya berat dilakukan dengan melakukan pemisahan anomali regional dan residual dengan transformasi kontinuasi ke atas sehingga diperoleh anomali regional. Anomali residual didapatkan dari selisih anomali Bourguer lengkap dengan anomali regional yang digunakan untuk pemodelan ke depan dalam bentuk 2D menggunakan Software Grav2D. Pendekatan model bentuk poligon menggunakan jumlah sisi poligon untuk memperkirakan respon anomali dari benda 2D. Hasil interpretasi data gaya berat secara kualitatif menunjukkan pola struktur geologi bawah permukaan dengan jenis lapisan dan rapat massa batuan yang berbeda. Sementara, hasil pemodelan data menujukkan adanya perbedaan rapat massa batuan yang terdiri dari 4 jenis lapisan batuan. Lapisan paling atas terdiri dari aluvium (ρ = 1.65 g/cm3), batulanau dan batugamping (ρ = 1.94 g/cm3), batupasir (ρ = 2.22 g/cm3), dan batuan dasar yang erdiri dari batuserpih dan batugamping (ρ = 2.4 g/cm3). Berdasarkan model 2D anomali gaya berat, rembesan hidrokarbon diperkirakan akibat proses migrasi melalui patahan lokal permeabel. Kata kunci : Gaya berat, Anomali, Struktur, Rapat Massa, Rembesan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DATA METODE GRAVITASI DAERAH MANIFESTASI HIDROKARBON DI DESA ALUE PEUNO KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Shafira Yuli Azana, 2016)

APLIKASI METODE GAYA BERAT UNTUK INVESTIGASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN LAPANGAN PANAS BUMI IE JU, ACEH BESAR (AL SHIDA NATUL, 2018)

ANALISIS DATA MAGNETIK DAERAH REMBESAN HIDROKARBON DESA ALUE PUNOE KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (STUDI KASUS GAMPONG ALUE PUNOE, KECAMATAN PEUSANGAN, KABUPATEN BIREUEN) (Fuad Akbar, 2016)

INVESTIGASI HIDROKARBON DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER – SCHLUMBERGER DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Riva Daulica, 2016)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI KAWASAN WADUK KEULILING KECAMATAN KUTA COT GLIE, ACEH BESAR (Devayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy