//

ANALISA KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DI PIPA WATERWALL BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA 2X110 MW

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ridho Fadhli - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu masalah energi yang sangat populer saat ini adalah energi listrik, dimana kebutuhan akan energi listrik sangat lah besar baik untuk rumah tangga maupun industri-industri. Ketersediaan batubara yang mencukupi dan masih tren hingga tahun 2020 dapat menjadi tolak ukur untuk terus mengembangkan dan menggunakan PLTU sebagai suatu langkah dalam mencukupi kebutuhan listrik di Indonesia, dan khususnya di Aceh. Waterwall merupakan pipa-pipa penguapan yang menjadi media perpindahan panas pertama pada siklus PLTU. Permasalahan perpindahan panas menjadi suatu masalah yang perlu diperhitungkan, karena berdampak terhadap produksi listrik yang dihasilkannya. Perhitungan karakteristik perpindahan panas pada waterwall dilakukan guna mengetahui keadaan operasi pada PLTU Nagan Raya, serta pergeseran antara kondisi aktual dengan perancangan awal. Dengan metode perhitungan perpindahan panas Logmean Temperature Different didapat koefisien-koefisien perpindahan panas menyeluruh, koefisien konveksi pada aliran air dan udara berturut-turut sebesar 6,738 W/m2.K, 1611,02 W/m2.K, dan 6,77 W/m2.K. Berdasarkan penelitian ini, laju perpindahan panas total yang terjadi pada waterwall adalah sebesar 140 kW. Dan perubahan fasa air menjadi uap di dalam waterwall pada PLTU Nagan Raya dimulai pada panjang pipa, L=18m hingga menjadi uap jenuh pada temperatur 310 0C di dalam steam drum.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DI PIPA WATERWALL BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA 2X110 MW (Muhammad Ridho Fadhli, 2016)

PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA (Qamarullah, 2015)

PENGGUNAAN ECONOMIZER SEBAGAI INSTRUMENT PENDUKUNG DALAM PEMANASAN AIR PADA PROSES KERJA BOILER (Lia Amsarina, 2016)

ANALISIS KARAKTERISTIK PERPINDAHAN PANAS DI SUPERHEATER PADA PACKAGE BOILER UTILITY PIM-2 (63-BF-4002) MACCHI (Hashfi Hamdani, 2017)

ANALISIS EFISIENSI PEMBAKARAN TEPUNG BATUBARA PADA BOILER DI PLTU NAGAN RAYA (Syurfatusy Syakbani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy