//

SIMULASI ARUS MENGGUNAKAN MODEL NUMERIK DUA DIMENSI BERDASARKAN ELEVASI DAN ANGIN TEORITIS DI SELAT MALAKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name
Fakultas Fakultas Kelautan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Hubungan elevasi muka laut dan angin terhadap arus laut di Selat Malaka di simulasikan ke dalam model numerik dua dimensi berdasarkan grid ∆x= ∆y=5 menit dan timestep 100 detik. Total simulasi dilakukan selama 5 hari dengan 3 skenario yang berbeda berdasarkan pada batimetri riil dan konstan (30 m). Pada skenario I model diberikan perlakuan nilai boundary berbeda tanpa pengaruh angin. Pada skenario II model diberikan perlakuan nilai boundary konstan dengan pengaruh angin. Pada skenario III model diberikan perlakuan nilai boundary berbeda dan pengaruh angin. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh boundary atau nilai elevasi dan angin terhadap arus laut di Selat Malaka. Berdasarkan skenario yang dijalankan arus di Selat Malaka dominan bergerak menuju ke arah barat laut (NW). Kecepatan arus rata-rata paling rendah terjadi pada Skenario I dengan kondisi batimetri riil. Diketahui bahwa arus pada batimetri riil lebih rendah dibandingkan pada batimetri konstan (30 m). Kecepatan arus rata-rata paling tinggi terjadi pada Skenario III dimana nilai boundary berbeda (di utara 0,4 m dan di selatan 0,6 m) dengan angin timur laut dan angin barat daya. Pada Skenario III disimpulkan bahwa kecepatan rata-rata arus laut di bagian selatan Selat Malaka pada kondisi angin timur laut lebih tinggi (0,2 m/s) dibandingkan pada kondisi angin barat daya (0,1 m/s), dan sebaliknya arus laut di bagian utara Selat Malaka pada kondisi angin timur laut lebih rendah (0,08 m/s) dibandingkan pada kondisi angin barat daya (0,09 m/s). Kata kunci: Selat Malaka, Model numerik, Angin, boundary (elevasi muka laut).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI PENGARUH ELEVASI MUKA LAUT DAN ANGIN TEORITIS TERHADAP SIRKULASI ARUS DI TELUK THAILAND MENGGUNAKAN MODEL 2D (ADLIANSYAH, 2016)

SIMULASI ARUS MENGGUNAKAN MODEL NUMERIK DUA DIMENSI DI PERAIRAN ABDYA (BOIHAKI, 2018)

SIMULASI REFRAKSI GELOMBANG PANJANG 2 DIMENSI DI PERAIRAN BARAT ACEH (ZULFANDI, 2018)

SIMULASI KEMACETAN KENDARAAN SAAT EVAKUASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI BANDA ACEH (STUDI KASUS DI JEMBATAN LAMNYONG DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SIMULASI NUMERIK) (Fathul Fithrah, 2014)

PENGARUH MONSUN TERHADAP PERGERAKAN ARUS LINTAS INDONESIA (ARLINDO) SECARA VERTIKAL DAN HORIZONTAL DI SELAT MAKASSAR (Nora Akhena, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy