//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 469

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 494

PERENCANAAN SISTEM DISTRIBUSI AIR TANAMAN BUNGA PADA TAMAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI SURYA SEBAGAI PENGGERAK POMPA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang

Abstrak/Catatan

Penghijauan merupakan upaya manusia untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lingkungan agar memiliki alam yang baik sehingga nyaman untuk dihuni oleh manusia. Taman merupakan suatu objek penting dalam proses penghijauan karena pengaruh global warming yang semakin meningkat. Selama ini proses pendistribusian air pada tanaman menggunkan energi manusia dan bantuan mobil penyiram tanaman, proses tersebut membutuhkan energi dan pembiayaan yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan sistem distribusi air pada taman dengan memanfaatkan energi surya sebagai penggerak pompa yang disesuaikan dengan kebutuhan air dari masing-masing tanaman. Penelitian ini diawali dengan persiapan dan penentuan lokasi, menghitung daya intensitas matahari, kebutuhan air dari setiap sampel tanaman dan merencanakan pemilihan pipa, pompa, ukuran inverter, kebutuhan baterai dan jumlah modul surya yang akan digunakan. Dari hasil penelitian dan perhitungan didapatkan total rata-rata daya intensitas matahari sebesar 850 W/m2, jumlah debit air 75,24 L/min, dan direncanakan menggunakan diameter pipa dengan ukuran 1 inci, pompa dengan daya 250 watt, inverter dengan daya beban ± 1 kW baterai dengan kapasitas 12 V 65 Ah dan modul surya dengan luas panel 1,3 m2, sehingga didapatkan jumlah modul surya sebanyak 5 unit. Maka dari hasil tersebut didapatkan cara pendistribusian yang hemat energi, karena dengan kapasitas daya intensitas matahari yang cukup maksimal dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan pompa dalam proses pendistribusian air pada taman bunga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUKURAN UNJUK KERJA SISTEM POMPA AIR TENAGA SURYA (Arif Yaddin, 2014)

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

PERKEMBANGAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA 1943-2015 (Rejeki, 2017)

PERHITUNGAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. ANGKASA PURA II KANTOR CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (Rizky Ananda Hendrico, 2015)

APLIKASI SISTEM TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA LISTRIK POMPA AIR (Zian Iqtimal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy