//

HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK DENGAN KESIAPAN MELAKSANAKAN LAYANAN BK DI SEKOLAH (STUDI PENELITIAN PADA SMA SE-KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silmi Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kompetensi profesional dan kesiapan Kompetensi profesional Guru BK merupakan keseluruhan kemampuan yang dimiliki oleh Guru BK sehingga berpengaruh terhadap kesiapan Guru BK melaksanakan layanan BK di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional Guru BK dengan kesiapan melaksanakan layanan BK di SMA Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 orang Guru BK SMA, semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian, untuk memperoleh data penelitian menggunakan angket, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan persentase dan analisis korelasi product moment serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional dan kesiapan guru BK pada SMA se-Kota Banda Aceh berada pada kriteria tinggi yaitu 61.59 (91.59%). Hal ini dapat dilihat dari 85.3 persen guru BK memahami wawasan dan landasan BK, 88.2 persen guru BK memahami bidang-bidang BK, 91.2 persen guru BK memahami jenis-jenis layanan BK, 94.1 persen guru BK memahami kegiatan pendukung BK, 79.4 persen guru BK memahami penyusunan program BK, 74.4 persen guru BK memahami pelaksanaan pelayanan BK, 79.4 persen guru BK memahami pengelolaan BK di sekolah, dan 32.4 persen guru BK memahami profesi dan organisasi profesi BK. Sedangkan kesiapan Guru BK masuk dalam kriteria tinggi, ditinjau dari Sikap Guru BK terhadap layanan 82.4 persen, pengetahuan yang memadai 50.0 persen, pemahaman dalam layanan 79.4 persen dan kondisi sekolah 82.4 persen. Dari hasil perhitungan dengan korelasi product moment diperoleh rhitung = 0.777, dengan df = 32, diperolehlah rtabel = 0.349. maka terlihatlah bahwa 0.777 > 0.349 maka Hi diterima atau terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional Guru BK dengan kesiapan melaksanakan layanan BK di sekolah. Disarankan kepada guru BK untuk lebih meningkatkan layanan Bimbingan dan Konseling dengan berperan aktif dalam organisasi profesi bimbingan konseling seperti ABKIN, sehingga adanya peningkatan pemahaman pada guru BK supaya siap untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan maksimal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI 13 KOTA BANDA ACEH (KHATIJAH, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 17 BANDA ACEH (CUT AJA IRAWATI, 2016)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (AIDA IRWANA, 2015)

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA MADRASAH MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MIN GAROT KABUPATEN PIDIE (Suria Setiawan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy