//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KONFLIK (DISPUTE) TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONTRUKSI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rinaldy - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam pelaksanaan proyek sering muncul kendala, apabila tujuan proyek tidak tercapai sebagaimana mestinya. Permasalahan ini apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi konflik (dispute) atau perselisihan antara unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor serta faktor dominan yang dapat menyebabkan terjadi konflik pada proyek konstruksi di Provinsi Aceh, serta menganalisis bentuk hubungan dan pengaruh faktor-faktor konflik terhadap keberhasilan proyek konstruksi di Provinsi Aceh. Proyek yang diamati adalah proyek konstruksi yang telah selesai dilaksanakan mulai dari tahun 2008-2015, dengan sumber dana yang berasal dari APBA. Pengamatan dilakukan pada semua klasifikasi jasa pelaksana konstruksi (kontraktor) mulai dari kualifikasi menengah yaitu M1, M2, dan kualifikasi besar yaitu B1, B2. Berdasarkan data dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Aceh Tahun 2016, jumlah populasi diperoleh sebanyak 496 kontraktor. Melalui persamaan Slovin maka sampel penelitian diperoleh sebanyak 84 kontraktor. Faktor-faktor penyebab terjadinya konflik dalam pelaksanaan proyek konstruksi di Provinsi Aceh adalah disebabkan oleh faktor owner, faktor konsultan, faktor kontraktor, faktor kondisi proyek, faktor sumber daya manusia, dan faktor kontrak dan spesifikasi. Faktor dominan penyebab terjadinya konflik dalam pelaksanaan proyek konstruksi di Provinsi Aceh adalah disebabkan faktor owner, dengan nilai mean sebesar 4,253. Hubungan faktor-faktor konflik terhadap keberhasilan proyek konstruksi di Provinsi Aceh, adalah mempunyai hubungan yang sangat tinggi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,921. Pengaruh faktor-faktor konflik terhadap keberhasilan proyek konstruksi di Provinsi Aceh, yang paling berpengaruh adalah faktor kondisi proyek, dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,021. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor kondisi proyek ditangani dengan baik, sedangkan faktor-faktor lainnya tetap, maka keberhasilan proyek konstruksi di Provinsi Aceh akan semakin meningkat. Kata Kunci : Konflik, dispute, keberhasilan, proyek konstruksi, Provinsi Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KONFLIK PADA PROYEK KONSTRUKSI DI BANDA ACEH (Zahratun Nisa, 2017)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMPETENSI PROJECT MANAGER TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONSTRUKSI SUNGAI PADA DINAS PENGAIRAN ACEH (Safrial, 2016)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KONFLIK PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Mukti, 2017)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KONFLIK PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN ACEH BESAR (Fajarrullah, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT YANG BERPENGARUH TERHADAP WAKTU PROYEK IRIGASI DI PROVINSI ACEH (Gunawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy