//

ANALISIS GAYA BAHASA PENEGASAN DALAM BERITA SURAT KABAR PROHABA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vera Agusriyanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: gaya bahasa penegasan, surat kabar, analisis Penelitian yang berjudul “Analisis Gaya Bahasa Penegasan dalam Berita Surat kabar Prohaba” ini mengangkat masalah (1) jenis gaya bahasa penegasan apakah yang terdapat dalam berita surat kabar Prohaba dan (2) jenis gaya bahasa penegasan yang dominan muncul dalam berita surat kabar Prohaba. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis gaya bahasa penegasan yang terdapat dalam berita surat kabar Prohaba dan (2) mendeskripsikan jenis gaya bahasa penegasan yang dominan muncul dalam berita surat kabar Prohaba. Sumber data penelitian ini adalah beberapa berita kriminal surat kabar Prohaba edisi Januari 2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumenter, yakni (1) membaca dan memahami berita kriminal yang terdapat dalam berita surat kabar Prohaba, (2) mencatat dan menandai bagian-bagian berita kriminal yang berkaitan dengan jenis gaya bahasa penegasan, dan (3) mengklasifikasi data berdasarkan jenis gaya bahasa penegasan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data, yakni (1) mengklasifikasi data yang telah diseleksi tersebut ke dalam tabel data sesuai dengan jenis gaya bahasa penegasan, (2) memberikan nomor pada masing-masing berita kriminal yang telah dipilih, dan (3) menyimpulkan hasil analisis jenis gaya bahasa penegasan yang terdapat dalam berita kriminal surat kabar Prohaba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 36 jenis gaya bahasa penegasan yang terdiri atas 8 gaya bahasa penegasan aliterasi, 1 gaya bahasa penegasan pararima, 1 gaya bahasa penegasan alonim, 1 gaya bahasa penegasan preterito, 6 gaya bahasa penegasan klimaks, 5 gaya bahasa penegasan antiklimaks, 9 gaya bahasa polisindenton, 3 gaya bahasa asindeton, dan 2 gaya bahasa penegasan inversi. Gaya bahasa penegasan yang paling dominan muncul dalam berita kriminal Prohaba adalah gaya bahasa penegasan polisindenton. Hal tersebut disebabkan karena berita kriminal surat kabar Prohaba banyak menghubungkan berita satu dengan berita lain menggunakan kata hubung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN DIKSI DALAM JUDUL BERITARNSURAT KABAR HARIAN PROHABA (Teuku Asrul, 2014)

CAMPUR KODE BAHASA ACEH DAN BAHASA INGGRIS PADA JUDUL BERITA HARIAN PROHABA DAN SIKAP PEMBACANYA (Juliani, 2017)

ANALISIS ISI BERITA KRIMINAL LOKAL PADA HARIAN PROHABA EDISI 1 JUNI- 30 JUNI 2015 (MUHAMMAD SUHIL, 2016)

GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN CERPEN NEGERI DALAM SEPATU KARYA ZAHRA NURUL LIZA DKK (Rahmad Rizi, 2018)

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy