//

HUBUNGAN INTERLEUKIN - 6 DENGAN KUALITAS TIDUR, DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adwin Adnan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak HUBUNGAN INTERLEUKIN - 6 DENGAN KUALITAS TIDUR, DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS Latar Belakang Seiring dengan peningkatan jumlah usia lanjut, prevalensi penyakit kronik berhubungan dengan usia seperti hipertensi dan penyakit ginjal kronik (PGK) juga meningkat. Peningkatan Penyakit Kronik pada usia lanjut yang menjalani hemodialisis menyebabkan terjadinya depresi yang dapat mengakibatkan gangguan tidur dan akhirnya merubah kualitas hidup. Depresi pada pasien PGK yang menjalani hemodialisis diduga berhubungan dengan peran sitokin sebagai respon sistemik pada suatu inflamasi. Tujuan Untuk mengetahui hubungan interleukin-6 dengan kualitas tidur, depresi dan kualitas hidup pada pasien PGK usia lanjut yang menjalani hemodialisis Metode Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan Cross Sectional Survey pada 36 responden yang memenuhi kriteria inklusi dengann tehnik penelitian total sampling. Metode pengumpulan data dengan lembaran kuesioner BDI-II, PSQI, KDQOL-SF dan diperiksa kadar Interleukin-6. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Mann-Whitney dan Chi- square. Hasil Sebagian besar responden tidak mengalami depresi (69,4%) dan yang depresi (30,6%). Gambaran kualitas hidup pasien termasuk dalam kategori buruk dengan rata-rata skor secara umum KDQOL-SF bernilai 57,64 (SD 24,38). Kualitas hidup pasien PGK yang mengalami depresi lebih rendah jika dibandingkan dengan pasien PGK yang tidak mengalami depresi. Depresi berpengaruh terhadap kualitas tidur dan kualitas hidup (p = 0,014, p = 0,000). Kualitas tidur berpengaruh terhadap kualitas tidur (p = 0,003). Depresi berhubungan signifikan terhadap kadar Interleukin-6 (p = 0,000).Kualitas tidur dan kualitas hidup tidak berhubungan signifikan terhadap kadar Interleukin-6. (p = 0,094, p = 0,680). Kesimpulan Depresi berpengaruh terhadap Interleukin 6 pasien PGK usia lanjut yang menjalani hemodialisis. Dengan meningkatnya kejadian depresi pada pasien PGK usia lanjut menyebabkan buruknya kualitas tidur diikuti dengan buruknya kualitas hidup pasien. Kata Kunci : Depresi, Kualitas tidur, Kualitas hidup, Interleukin 6, Usia lanjut, PGK, hemodialisis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KADAR INTERLEUKIN-6 TERHADAP DERAJAT DEPRESI AKIBAT PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS (dr. Said Aandy Saida, 2016)

PENGARUH USIA TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nia Wahyuni Harti, 2016)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN TINGKAT DEPRESI PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUZA BANDA ACEH (Riqqah Nadhira, 2014)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Virdayani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy