//

KARAKTERISTIK BAHASA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayatun Rahmi - Personal Name
SubjectTEACHING
TEACHERS - ROLE IN GUIDANCE
LANGUAGE - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas program studi magister pendidikan bahasa dan sastra indonesia
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hayatun Rahmi. 2015. Karakteristik Bahasa Guru Bimbingan dan Konseling pada SMP Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd., (2) Prof. Dr. A.Halim Majid, M.Pd. Kata Kunci: Karakteristik Bahasa Guru BK, Guru BK SMP Kecamatan Bandar Baru Pidie Jaya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan karakteristik bahasa guru BK pada SMP Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya. Asumsi penelitian adalah (1) persoalan karakteristik bahasa guru BK pada SMP Kecamatan Bandar Baru Pidie Jaya sangat perlu diperhatikan, (2) karakteristik bahasa guru BK dapat meningkatkan moral dan prestasi siswa melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling, (3) kajian ini dapat dijadikan bahan acuan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK pada SMP Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang dihasilkan oleh guru BK. untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik simak (observasi). Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga tahap: (1) tahap reduksi data yang terdiri dari mentrankrip data, identifikasi data, dan klasifikasi data,(2) tahap penyajian dan penjelasan data, (3) tahap penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bahasa guru BK pada SMP Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya adalah sebagai berikut, pertama dari segi ungkapan verbal langsung ditemukan dua aspek ungkapan verbal langsung yaitu (1) aspek menyebutkan perasaan dan memberikan nama pada perasaan, (3) aspek menunjukkan bentuk tindakan yang ingin dilakukan. Kedua, dari aspek ungkapan verbal tidak langsung ditemukan tujuh aspek ungkapan, yaitu (1) memerintah, (2) bertanya, (3) menuduh, (4) menyindir, (5) memuji, (6) mencela, (7) memakai sebutan. Disimpulkan, karakteristik bahasa guru BK pada SMP Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya sudah menggunakan karakteristik bahasa yang baik namun perlu adanya banyak peningkatan. ABSTRACT Hayatun Rahmi. 2015. Language Characteristics of Counseling Teachers at SMP in Bandar Baru, Pidie Jaya. Thesis, Study Program of Magister Bahasa Indonesia and Literature Education, Graduate Program of Syiah Kuala University. Supervisor (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd., (2) Prof. Dr. A.Halim Majid, M.Pd. Keywords: Language Characteristics of Counseling Teacher, Counseling Teacher of Junior High School (SMP) in Bandar Baru, Pidie Jaya. This study was conducted in order to describe the language characteristics of counseling teachers of Junior High School (SMP) in Bandar Baru, Pidie Jaya district. The assumptions of the study are (1) the issue of the language characteristics of counseling teachers at Junior High School (SMP) in Bandar Baru, sub-district of Pidie Jaya, is an exigent issue. (2) Counselling teachers’ language characteristics can improve students’ moral and achievement trough guidance and counseling services. (3) This study can probably be used as reference in giving guidance and counseling services at schools. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The data sources of the study was teachers at SMP Bandar Baru, Pidie Jaya. The data of this study was obtained from utterances produced by teachers. The writer used observation as technique of data collection. The research actions can be sub-divided into four stages: (1) Reduction phase which was the process of data transcribing, identification, and classification. (2) presentation and elaboration phase, (3) Conclusion and Verivication phase. The results showed that the language characteristics of counseling teachers at SMP in Bandar Baru Pidie Jaya as follows, firstly, in terms of direct verbal expression, it was found that there were two aspects; (1) aspect in mentioning feelings and giving name to the feelings, (2) aspects in showing actions to do. Secondly, from indirect verbal expression, it was found seven utterance aspects; (1) commanding, (2) asking, (3) accusing, (4) quipping, (5) praising, (6) denouncing, (7) using terms. It can be concluded that the language characteristics of counseling teachers at SMP in Bandar Baru, Pidie Jaya are good but there it still needs a lot of improvement.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMPN 1 BANDAR BARUKABUPATEN PIDIE JAYA (NUR ASIAH, 2016)

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (IDAWATI, 2018)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SD NEGERI 1 LUENGPUTU KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hafnidar, 2018)

THE EFFECTS OF USING GROUP INVESTIGATION TECHNIQUE IN TEACHING READING COMPREHENSION(AN EXPERIMENTAL STUDY AT MA DAYAH JEUMALA AMAL BANDAR BARU) (ZAIYANA PUTRI, 2015)

ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN FAKTORRNYANG MEMPENGARUHI TINGKAT PRODUKSI KAKAORNDI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Fantashir Awwal Fuqara, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy