//

PERTUMBUHAN ANAK BURUNG WALET SARANG PUTIH (AERODRAMUS FUCIPHAGUS) DENGAN PEMBERIAN JENIS PAKAN HAMA YANG BERBEDA PADA FASE STATER DI GAMPONG SIMPANG PEUT KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Said Nazaruddin - Personal Name
SubjectFEEDS
SWALLOWS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian pertumbuhan anak burung walet sarang putih (Aerodramus fuciphagus) dengan pemberian jenis pakan hama yang berbeda pada fase stater di Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober sampai dengan 01 November 2015. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian jenis pakan hama yang berbeda terhadap pertambahan berat badan, panjang tulang sayap dan panjang bulu ekor anak burung walet sarang putih di Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap Non Faktorial. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan yaitu P1 = pemberian pakan wereng, P2 = kroto, P3 = jangkrik dan P4 = belalang, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 6 kali ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 3 individu anak burung walet sarang putih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung pertambahan berat badan dengan menggunakan timbangan analitik, pertambahan panjang tulang sayap dan panjang bulu ekor diukur dengan menggunakan jangka sorong. Data di analisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan hama yang berbeda terhadap pertambahan berat badan diperoleh Fhit 6,082 > Ftab 3,10; pertambahan panjang tulang sayap Fhit 2,116 < Ftab 3,10 dan pertambahan panjang bulu ekor Fhit 7,817 > Ftab 3,10. Kesimpulan, pemberian pakan hama yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertambahan berat badan dan panjang bulu ekor anak burung walet sarang putih, namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan panjang tulang sayap. Jenis pakan hama yang terbaik dalam pertumbuhan anak burung walet adalah pakan jangkrik. Kata kunci: walet sarang putih, pakan, berat badan, tulang sayap, bulu ekor

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELANGGARAN TERHADAP QANUN NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK SARANG BURUNG WALET (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Maulidin, 2017)

MINAT SISWA SMP NEGERI 2 SIMPANG PEUT KECAMATAN KUALARNKABUPATEN NAGAN RAYA TERHADAP PERMAINANRNSEPAK BOLA TAHUN 2012 (Salihin, 2015)

PERILAKU MEMBUAT SARANG OLEH BURUNG MANYAR JAMBUL (PLOCEUS MANYAR) DI KAWASAN GAMPONG LAMREH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Heri Irwanda, 2018)

KESELINGKUPAN MAKANAN PADA TIGA JENIS BURUNG PIPIT DI KAWASAN GAMPONG ALURMAS KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (hafidaton, 2014)

STRATIFIKASI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI EKOSISTEM SPESIFIK RAWA GAMBUT TRIPA GAMPONG BABAH LUENG, TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (M AMIN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy