//

HUBUNGAN TEHNIK ASEPTIK PADA PEMASANGAN INFUS DENGAN KEJADIAN FLEBITIS PADA ANAK YANG MENDAPATKAN TERAPI CAIRAN DI RUANG RAWAT INAP SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ELI YANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 04 Agustus 2016 XIII Halaman + VI BAB + 60 Halaman + 9 Tabel + 2 Skema + 14 Lampiran ELI YANA 1412101010146 HUBUNGAN TEHNIK ASEPTIK PADA PEMASANGAN INFUS DENGAN KEJADIAN FLEBITIS PADA ANAK YANG MENDAPATKAN TERAPI CAIRAN DI RUANG RAWAT INAP SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Kejadian flebitis disebabkan oleh adanya koloni bakteri, biasanya terjadi karena teknik aseptik yang salah, sehingga masuknya bakteri pada saat penusukan infus. Hal ini sesuai dengan studi pendahuluan, didapatkan perawat yang tidak menggunakan sarung tangan dan prosedur aseptik yang tidak sesuai SOP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan tehnik aseptik pada pemasangan infus dengan kejadian flebitis pada anak yang mendapatkan terapi cairan di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2016. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien anak yang dilakukan pemasangan infus di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini secara accidental sampling sebanyak 114 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan palpasi dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan tehnik aseptik pada pemasangan infus dengan kejadian flebitis pada anak yang mendapatkan terapi cairan dengan nilai P-value 0.000 < α 0.05 atau H0 di tolak. Bagi Rumah Sakit diharapkan untuk meningkatkan peran perawat dalam pencegahan flebitis khususnya melalui penerapan prinsip tehnik aseptik saat melakukan pemasangan infus. Kata Kunci : Tehnik Aseptik, Pemasangan Infus, Flebitis, Anak Daftar Bacaan : 19 buku, 6 jurnal, 2 internet, 1 SOP, 1 PP (2005-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ATRAUMATIC CARE DENGAN DAMAPK PSIKOLOGIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ROSLAINI, 2014)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN FUNGSI PENGORGANISASIAN KEPALA RUANG DENGAN PENGELOLAAN RUANG RAWAT YANG DIPERSEPSIKAN PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Husaimi, 2014)

HUBUNGAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ASISKA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy