//

PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PROSES PERTOLONGAN PERSALINAN DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIRDA USRINA MUSTHAFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penggunaan APD oleh petugas kesehatan saat menolong persalinan masih belum lengkap. Petugas kesehatan hanya menggunakan sarung tangan, masker, dan apron saat menolong persalinan. Sedangkan kacamata/glasses dan sepatu boot tidak digunakan. Hal ini sangat beresiko bagi petugas kesehatan karena mereka dapat tertular berbagai penyakit dari cairan tubuh pasien. Tidak ada sanksi bagi petugas kesehatan yang tidak menggunakan APD dengan lengkap. Peraturan di ruangan tidak ada yang berkaitan dengan pemakaian APD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemakaian APD meliputi menggunakan sarung tangan, masker, apron/celemek, kacamata/glasses dan sepatu boot pada proses pertolongan persalinan di ruang bersalin Rumah Sakit Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini deskripstif eksploratif, dengan desain survey. Jumlah populasi 31 Petugas Kesehatan. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada tanggal 27 Juni – 17 Juli 2016 di BLUD RSIA dan Rumah Sakit Meuraxa Kota Banda Aceh. Hasil penelitian didapatkan dari 31 responden, sebanyak 96,8% penggunaan sarung tangan sesuai SOP, 83,9% penggunaan masker sesuai SOP, 64,5% penggunaan apron/celemek sesuai SOP, 77,4% penggunaan kacamata/glasses tidak sesuai SOP, dan 77,4% penggunaan sepatu boot tidak sesuai SOP. Diharapakan kepada petugas kesehatan untuk memakai kacamata/glasses dan sepatu boot pada saat menolong persalinan. Agar dapat melindungi petugas kesehatan dari berbagai resiko penyakit yang didapat selama menolong persalinan. Kata kunci : Alat pelindung diri, petugas kesehatan, persalinan Dafta bacaan : 15 Buku (2000-2014), 3 Sumber Online (2013-2014), 12 Jurnal (2002-2012)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERAWAT RNTERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI RNRUANG KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUMDAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAJARIA MUNIRA HASAN, 2015)

PENDAMPINGAN SUAMI TERHADAP PERUBAHAN TANDA-TANDA VITAL IBU BERSALIN, SKALA NYERI DAN DENYUT JANTUNG JANIN (DJJ) DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT PEMERINTAH BANDA ACEH (Dewi Elvida Widiati, 2016)

PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANG ISOLASI PENYAKIT PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (TRY IMAIKA, 2014)

BACK-EFFLUERAGE MASSAGE TERHADAP PERUBAHAN NYERI DAN TANDA-TANDA VITAL IBU PADA PERSALINAN KALA I DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT PEMERINTAH ACEH (YUSTI RANDA, 2016)

HUBUNGAN PERAN KELOMPOK REFERENSI DAN SIKAP SISWA TERHADAP PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI BERKENDARAAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fithia Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy