//

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT FILARIASIS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julia Novita Astri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Filariasis (kaki gajah) disebabkan oleh cacing filaria jenis Wuchereria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori yang ditularkan oleh gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan cacat seumur hidup berupa pembesaran pada tangan dan kaki. Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang pengetahuan, sikap dan perilaku yang diperlukan untuk mencegahan penularan filariasis karena dari data awal yang diperoleh, Desa ini adalah desa yang paling rendah terhadap upaya pencegahan filariasis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar tentang upaya pencegahan penyakit filariasis 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner pada 94 responden di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian adalah tingkat pengetahuan mengenai upaya pencegahan penyakit filariasis adalah cukup (39,4%), sikap responden mengenai upaya pencegahan penyakit filariasis adalah cukup (58,5%) dan perilaku responden secara keseluruhan adalah kurang (95,7%). Kesimpulan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku responden di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar tentang upaya pencegahan filariasis adalah cukup. Disarankan kepada masyarakat Desa Blang Krueng dapat bekerja sama dengan baik untuk mencegah penyakit filariasis dengan meminum obat anti filariasis yang diberikan dan tetap menjaga lingkungan sekitar. Kata kunci : pengetahuan, sikap, perilaku, filariasis, masyarakat Daftar bacaan : 11 buku, 17 sumber online, 4 skripsi (2003-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT MASSAL DI DAERAH ENDEMIS FILARIASIS LIMFATIK DI KECAMATAN TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA. (Haiqal Maulana Thahara, 2018)

PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR AKIBAT BANJIR DI GAMPONG LON ASAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (EPI SUSANTI, 2017)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (YUNI FAJRI, 2014)

HUBUNGAN RESILIENSI MASYARAKAT DENGAN DISASTER PREPAREDNESS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (MUTIA SARI, 2016)

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT RABIES DI KECAMATAN KUTA PANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Saiful, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy