//

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DELVINA JULITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 2 Agustus 2016 xvi halaman + VI BAB + 74 halaman + 16 tabel + 1 skema + 20 lampiran DELVINA JULITA 1207101020076 HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH ABSTRAK Keselamatan pasien (patient safety) merupakan kondisi bebas dari bahaya yang mengancam pasien selama menerima pelayanan kesehatan. Penerapan patient safety sangat membutuhkan peran aktif dari kepala ruang berupa fungsi pengarahan dalam bentuk supervisi. Tanpa supervisi yang memadai dari kepala ruang, maka penerapan patient safety tidak akan berjalan optimal. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 29 Juni sampai dengan 4 Juli 2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan supervisi kepala ruang dengan penerapan patient safety di ruang rawat inap. Jenis penelitian ini deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh perawat pelaksana yang bekerja di di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh sebanyak 129 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling, sebanyak 62 responden.Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian dapat diketahui bahwaada hubungan supervisi kepala ruang dengan penerapan patient safety di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh (p-value = 0,001), selanjutnya bila dilihat dari subvariabel didapatkan ada hubungan pelaksana (p-value 0,000), sasaran (p-value= 0,013) dan tujuan (p-value = 0,017) namun tidak ada hubungan untuk subvariabel frekuensi (p-value = 0,421) dan teknik (p-value =0,471). Dari hasil penelitian disarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh perlu meningkatkan pengetahuan supervisi dengan cara mengadakan pelatihan bagi kepala ruang agar supervisi dapat berjalan optimal sehingga meningkatkan penerapan patient safety. Kata Kunci : supervisi, kepala ruang, patient safety Daftar Bacaan: 16 buku (2004-2013) + 28 jurnal (2011-2016) + 2 skripsi (2009-2015) + 7 sumber online (2008-2012)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

HUBUNGAN PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN SPIRITUAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Zulia Husnul U P, 2017)

DIMENSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Narawidya Safputri, 2017)

GAMBARAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DALAM PEMBERIAN OBAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sajida, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy