//

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MELEJITKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI PADA TK ISLAM TERPADU SULOH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRDA RAFIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irda, Rafika. 2016. Penggunaan media kartu huruf hijaiyah untuk melejitkan kecerdasan spiritual anak usia dini. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M. Pd., 2) Dr. Anizar Ahmad, M. Pd. Kata Kunci:media kartu huruf hijaiyah, kecerdasan spiritual, anak usia dini Kartu huruf hijaiyah merupakan salah satu media yang dipandang efektif untuk mengembangkan kecerdasan anak usia dini, salah satunya kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam melejitkan kecerdasan spiritual anak dan untuk mengetahui respon anak dalam pengembangan kecerdasan spiritual pada TK Islam Terpadu Suloh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun pada kelompok B berjumlah 10 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan unjuk kerja. Hasil penelitian bahwa penggunaan media kartu huruf hijaiyah dapat melejitkan kecerdasan spiritual dengan mengenalkan Asmaul Husna melalui pengenalan huruf-huruf hijaiyah dari nilai ketauhidan dalam Asmaul Husna.Pada siklus I menunjukkan bahwaterdapat 4 orang anak berkembang sesuai harapan dan 4 orang anak mulai berkembang. Pada siklus IImengalami perkembangan, yakni menunjukkan bahwa terdapat 2 orang anak berkembang sangat baik, 5 orang anak berkembang sesuai harapan dan 1 orang anak mulai berkembang. Pada siklus I terdapat 7orang anak merespon senang dan 1 orang anak yang merespon tidak senang, sedangkan padasiklus II terdapat 8 orang anak merespondengan senang.Agar mempercepat pengembangan kecerdasan spiritual maka kepada pendidik diharapkandapat menggunakan media kartu huruf hijaiyah,karena dapat memudahkan anak mengenal dan menangkap makna spiritual dari kata-kata Asmaul Husna.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Ultari Ningsih, 2017)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL AKSARA MELALUI MEDIA HURUF AMPELAS DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (HAIRA, 2019)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fatmazahratun Nuraini, 2016)

MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DI TK IDAMAN HATI SAWANG ACEH UTARA (Nurliza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy