//

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ABQARIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anak-anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemampuan untuk mengembangkan bicara dan ketrampilan bahasa. Mereka tidak dapat berbicara dengan spontan. Lingkugan harus memberikan cara bagi mereka untuk menguasai ketrampilan ini. Pengetahuan orang tua sangat perlu karena orang tua perlu memahami tahap-tahap perkembangan anak dan memberikan rangsangan yang tepat sesuai tahap perkembangan terutama pada anak toddler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif koleratif. Polulasinya adalah seluruh orang tua orang tua yang memiliki anak usia toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling, sebanyak 43 responden. Cara ukur penelitian ini berupa angket dan wawancara terpimpin. Hasil penelitian didapatkan 43 responden, sebanyak 58,1% pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa pada kategori tinggi dan sebanyak 74,4% anak dengan perkembangan bahasa pada kategori normal. Hasil uji chi-square diperoleh p-value=0,031 (α=0,05) yang berarti ada hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler. Saran bagi orang tua yang memiliki anak usia toddler agar dapat memahami dan mengerti tentang cara menstimulasi perkembangan bahasa pada anak sesuai dengan tahap perkembangan anak agar dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal. Kata kunci : Pengetahuan, orangtua, stimulasi, perkembangan bahasa, toddler Daftar bacaan : 26 buku + 4 jurnal + 1 Skripsi (2002-2014

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2014 (Fazillah Apriana, 2014)

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 (ALFI POPPY MAILANI, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUARNDALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGANRNMOTORIK HALUS PADA ANAK USIA TODDLERRNDI PAUD KECAMATAN BANDA RAYARNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Tiurma Setia, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGASUHAN ORANGTUA DALAM PEMBERIAN STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA TODDLER DI PAUD KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH 2014 (Aida Fitri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy