//

RANCANG BANGUN PROTOTIPE GENERATOR AKSIAL 48 KUTUB UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Fahra Imania - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan akan energi listrik saat ini semakin meningkat dari hari ke hari. Terbatasnya pasokan listrik, membuat banyak pihak mulai memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk dijadikan sumber energi listrik. Salah satunya adalah angin. Generator aksial sangat cocok digunakan untuk pembangkitan energi listrik dengan memanfaatkan energi angin yang kecepatannya konstan karena generator aksial bekerja pada kecepatan putar yang rendah. Perancangan prototipe generator aksial magnet permanen untuk pembangkit listrik tenaga angin sangat sesuai karena konstruksi generator magnet permanen yang tidak rumit. Tahapan rancangan prototipe ini terdiri dari perancangan desain generator aksial, pengukuran diameter stator dan rotor, pembuatan mal stator dan rotor, penggulungan kumparan serta pencetakan resin kumparan stator dan magnet rotor. Pengujian dilakukan dengan melakukan perhitungan untuk membandingkan tegangan yang dihasilkan pada jumlah kutub yang berbeda yaitu 12, 24 dan 48 kutub. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan prime over sebagai penggerak mula untuk mengukur hasil tegangan pada generator 48 kutub. Dari hasil pengukuran, ketika generator magnet permanen diputar pada putaran 76,4 rpm dihasilkan daya sebesar 21 watt dengan tegangan yang terukur sebesar 12,52 V. Sedangkan pada putaran 166,3 rpm dihasilkan daya sebesar 189 watt dengan tegangan yang terukur sebesar 12,22 V. Dan dari hasil pengukuran lampu pijar yang digunakan pada penelitian dapat menyala. Kata kunci : energi listrik, generator aksial, magnet permanen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

DESAIN PROTOTIPE PLTPH MENGGUNAKAN GENERATOR MAGNET PERMANEN FLUKS AKSIAL STATOR GANDA DAN TURBIN CROSSFLOW (BOYHAKI, 2014)

RANCANG BANGUN PROTOTYPE PLTPH MENGGUNAKAN TURBIN OPEN FLUME (Afryantima Siregar, 2015)

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

PERANCANGAN ALTERNATOR KECEPATAN RENDAH YANG DI PAKAI PADA TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL MULTI BLADE DI PANTAI ALUE NAGA , ACEH BESAR (Analdi Muttaqin, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy