//

PENGARUH PANJANG DAN TIPE KUNCI TERHADAP SISTEM KEAMANAN WIRELESS PROTECTED ACCESS II (WPA2) MENGGUNAKAN METODE SERANGAN DICTIONARY ATTACK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rijalul Akram - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan teknologi saat ini semakin cepat, hal ini pula sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sering digunakan adalah Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut WiFi. Kebutuhan dan informasi seseorang bisa dipenuhi kapan pun dan dimana pun selama masih berada dalam jangkauan wireless. Keamanan jaringan terbaru saat ini dan umum dipakai adalah Wireless Protected Access (WPA2). Untuk mengamankan jaringan WiFi, WPA2 menggunakan algoritma Advanced Encryption Standard (AES) dan mempunyai dua komponen yaitu enkripsi dan autentikasi. Komponen autentikasi menggunakan WPA2 Pre-Shared Key (WPA2-PSK) dan WPA2 Extensible Authentication Protocol (WPA2-EAP). Model WPA2-PSK tidak membutuhkan server autentikasi, tetapi autentikasi antara Client dan Access Point (AP) menggunakan kunci PSK 256 bit, terdiri dari 8 sampai dengan 63 karakter. Namun sistem keamanan WPA2 memiliki kerentanan yang dapat serang oleh Hacker. Metode serangan yang dilakukan adalah metode serangan dictionary attack. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana pengaruh panjang dan tipe kunci pada sistem keamanan WPA2 agar tidak mudah diserang oleh hacker. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, panjang dan tipe kunci tidak berpengaruh pada serangan dictionary attack terhadap serangan keamanan WPA2. Posisi kata kunci pada wordlist sangat berpengaruh terhadap waktu dalam melakukan serangan keamanan WPA2. Kata Kunci: Keamanan Jaringan WiFi,WPA2, Kunci PSK, Brute Force Attack, Dictionary Attack

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KARAKTER NAMA SSID WI-FI TERHADAP SERANGAN DICTIONARY ATTACK PADA WPA-PSK DAN WPA2-PSK (fahzul firdaus, 2016)

PENGUJIAN DAN ANALISIS KEAMANAN WPA2 DAN SIGNAL STRENGTH PADA ROUTER BERBASIS OPENWRT (Syarif Maulana, 2017)

ANALISIS PENGARUH BANDWIDTH KANAL TERHADAP KONSUMSI ENERGI WIFI 802.11AC YANG MENGGUNAKAN SISTEM KEAMANAN WPA DAN WPA2 PADA SMARTPHONE (Raziv Ravsanzhani, 2016)

PENERAPAN SISTEM AUTENTIKASI PADA JARINGAN WIRELESS DENGAN MENGGUNAKAN FREERADIUS DAN SECURITY WPA2-EAP (Ryan Setiawan, 2016)

PENGARUH DATA RATE TERHADAP THROUGHPUT DAN DELAY MENGGUNAKAN SISTEM KEAMANAN WPA DAN WPA2 PADA JARINGAN WIFI (Abdul Muthalib, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy