//

PENURUNAN SALINITAS PADA AIR PAYAU DENGAN MENGGUNAKAN MEMBRAN SELULOSA TRIASETAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Epi Saputri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Indonesia adalah Negara dengan wilayah pantai terpanjang didunia, sehingga salah satu sumber daya air yang melimpah di Indonesia adalah air baku yang memiliki salinitas tinggi, sehingga perlu dilakukan suatu pengolahan untuk menurunkan salinitas dari air payau. Penurunan salinitas air payau salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi membran. Tujuan dari penelitian ini aitu untuk menurunkan salinitas pada air payau sehingga dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Membran yang digunakan dalam penelitian ini dibuat dari polimer selulosa triasetat. Variasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah tekanan, yaitu sebesar 1 ; 2 ; 2,5 ; 3 ; dan 3,5. Preparasi membran dilakukan berdasarkan prinsip dari proses inversi fasa secara presipitasi imersi. Karakteritik membran dapat ditentukan berdasarkan pengujian nilai permeabilitas (Lp), dan cloud point. Berdasarkan nilai permeabilitas yang diperoleh, diketahui bahwa membran yang dihasilkan dari proses preparasi ini mendekati jenis membran nanofiltrasi. Nilai fluks terhadap air murni maksimum diperoleh pada tekanan 3,5 bar yaitu 13,551 mL/m2.s, sedangkan persen rejeksi maksimum membran dihasilkan pada tekanan 3 bar yaitu 68,69%. Disamping itu juga dilakukan pengujian solidifikasi membran untuk terjadinya perubahan phasa. Proses solidifikasi dikatakan sempurna apabila telah tercapainya cloud point. Jumlah non-pelarut yang ditambahkan sehingga terbentuknya titik embun (cloud point) yaitu 2,15 gram. Keyword : air payau, salinitas, membran, selulosa triasetat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENURUNAN SALINITAS PADA AIR PAYAU DENGAN MENGGUNAKAN MEMBRAN SELULOSA TRIASETAT (FITRI YANI RITONGA, 2016)

DESALINASI AIR LAUT MEMNGGUNAKAN MEMBRAN FORWARD OSMOSIS BERBAHAN DASAR KHITOSAN DENGAN VARIASI LARUTAN PENARIK (DRAW SOLUTION) (AIDA AFRIDAYANTI, 2018)

PENGEMBANGAN KANTONG AIR MINUM BERBASIS MEMBRAN FORWARD OSMOSIS BERBAHAN DASAR KHITOSAN UNTUK PENYEDIAAN AIR MINUM DALAM KEADAAN DARURAT (Ulfa Riana, 2018)

PROSES PEMURNIAN AIR PAYAU MENGGUNAKAN MEMBRAN FORWARD OSMOSIS (FO) BERBAHAN DASAR KHITOSAN DENGAN VARIASI LARUTAN PENARIK (DRAW SOLUTION) (Maizar Adh Dhuha, 2018)

APLIKASI MEMBRAN ADSORPSI BERBAHAN DASAR KHITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION HG2+ DALAM AIR (ROUZAH NUR ISNI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy