//

HUBUNGAN PENYULUHAN PREOPERATIF DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA 6-18 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAHURRAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 02 Agustus 2016 xv halaman + vi bab + 87 halaman + 14 tabel + 1 skema + 17 lampiran MIFTAHURRAHMI NIM. 1207101020093 HUBUNGAN PENYULUHAN PREOPERATIF DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA 6-18 TAHUN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Rasa cemas pada anak usia 6-18 tahun berbeda dengan orang dewasa. Penyuluhan preoparatif adalah pendidikan yang diharapkan dapat membantu pasien anak-anak usia sekolah dalam menghadapi tindakan operasi. Dalam praktik keperawatan di rumah sakit penyuluhan preoperatif tidak digalakkan karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat penyuluhan preoperatif bagi anak dan orangtua. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan penyuluhan preoperatif dengan tingkat kecemasan pada anak usia 6-18 tahun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan jumlah sampel 20 anak di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang akan menghadapi tindakan operasi dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan cara mewawacarai responden dengan 11 item pertanyaan dalam skala dichotomous dan 14 pertanyaan baku HRS-A dengan skala likert. Uji analisis yang digunakan adalah uji chi Square. Hasil didapatkan bahwa ada hubungan informasi dengan tingkat kecemasan p=0,015, dukungan psikososial dengan tingkat kecemasan p=0,020, peran klien dan orang terdekat dengan tingkat kecemasan p=0,020, dan latihan keterampilan dengan tingkat kecemasan p=0,004, dari hasil diatas dapat di simpulkan bahwa ada hubungan penyuluhan preoperatif dengan tingkat kecemasan. Diharapkan penelitian ini menjadi referensi bagi perawat di rumah sakit sehingga dapat mengoptimalkan penyuluhan preoperatif dalam menurunkan tingkat kecemasan. Kata kunci : penyuluhan preoperatif, preoperatif, kecemasan pada anak Daftar bacaan : 30 Buku + 4 Skripsi + 5 Sumber online + 4 Jurnal (2001-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PREOPERATIF DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RAMADHANA, 2014)

HUBUNGAN REAKSI ANAK TERHADAP STRESSOR HOSPITALISASI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MIMI AFRIANI, 2016)

HUBUNGAN ANTARA PERSIAPAN PREOPERATIF DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK DIRUANG JEUMPA 2 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (AJA SYARIFAH, 2013)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy