//

PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KEKERASAN VERBAL PADA ANAK PRASEKOLAH (5-6 TAHUN) DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFRINA YULISMA MYSA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juli 2016 VI Bab + 59 halaman + 6 tabel + 1 skema + 12 lampiran AFRINA YULISMA MYSA 1412101010147 PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KEKERASAN VERBAL PADA ANAK PRA SEKOLAH (5-6) TAHUN DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Orang dewasa atau orang tua beranggapan bahwa proses pembelajaran kepada anak dilakukan dengan kekerasan, agar anak patuh dan disiplin untuk mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan orang tua. Salah satu kekerasan yang paling sering dialami oleh anak adalah kekerasan verbal. Verbal abuse atau biasa disebut dengan emotional child abuse adalah tindakan lisan atau perilaku yang menimbulkan konsekuensi emosional yang merugikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan orang tua tentang kekerasan verbal pada anak prasekolah (5-6 tahun) di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dengan jumlah sampel populasi adalah 35 responden, tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian menyatakan mayoritas orang tua memiliki pengetahuan yang kurang tentang kekerasan verbal yaitu sebanyak 18 responden (51,4%), mayoritas memiliki pengetahuan yang baik tentang definisi kekerasan verbal yaitu sebanyak 22 responden (62,9%), mayoritas memiliki pengetahuan kurang tentang bentuk-bentuk kekerasan verbal yaitu sebanyak 20 responden (57,1%), mayoritas memiliki pengetahuan baik tentang penyebab kekerasan verbal yaitu sebanyak 18 responden (51,4), mayoritas memiliki pengetahuan baik tentang dampak kekerasan verbal yaitu sebanyak 22 responden (62,9%). Saran bagi para orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun agar tidak melakukan kekerasan verbal pada anak dalam bentuk apapun karna dapat mempengaruhi perkembangan psikis anak dikemudian hari. . Kata Kunci : Pengetahuan, Kekerasan Verbal, Orang Tua Daftar Bacaan : 12 Buku, 3 Skripsi, 4 Jurnal, 9 Artikel (2009-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TODDLER DI GAMPONG LAMPEUDAYA KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ABQARIAH, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TEKNIK MENYIKAT GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH RN(3-6 TAHUN) DI TK FKIP UNSYIAH RNDARUSSALAM BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (SRI NURHADISAH, 2014)

HUBUNGAN VERBAL ABUSE ORANG TUA DENGAN PERILAKU REMAJA DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013 (Fhona Nurul Rezky, 2013)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENGHADAPI TEMPER TANTRUM PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Linda Kusuma, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy