//

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAMPAK MEROKOK TERHADAP KESEHATAN RONGGA MULUT DENGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT (REMAJA DESA COT MESJID KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Marisa Diba - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Marisa Diba Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Rongga Mulut Dengan Status Kebersihan Gigi dan Mulut (Remaja Desa Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh). Merokok merupakan kebiasaan yang sangat umum di kalangan masyarakat termasuk pada remaja. Faktor yang mempengaruhi kebiasaan merokok pada remaja adalah faktor lingkungan serta kurangnya pengetahuan remaja tentang dampak merokok. Merokok dapat memberikan dampak terhadap kesehatan gigi dan mulut seperti penyakit periodontal, perubahan warna pada gigi, karies, dan kehilangan gigi. Sedangkan pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting untuk terbentuknya tindakan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dampak merokok bagi kesehatan rongga mulut terhadap status kebersihan gigi dan mulut. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan cross sectional study. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh subjek penelitian sebanyak 77 orang. Subjek penelitian adalah remaja perokok di Desa Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner pengetahuan dampak merokok bagi kesehatan rongga mulut dan pemeriksaan kebersihan gigi dan mulut. Hasil analisis menggunakan chi-square menunjukkan hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dampak merokok bagi kesehatan rongga mulut dengan status kebersihan gigi dan mulut pada remaja Desa Cot Mesjid Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA SD USIA 10-12 TAHUN DI SD KEMALA BHAYANGKARI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Syarifah Indah Maghfirah, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEBERSIHAN RONGGA MULUT PADA IBU HAMIL DI RSUD MEURAXA BANDA ACEH (MUHAMMAD HAMZAH, 2016)

PERBANDINGAN TINDAKAN MENJAGA KEBERSIHAN RONGGA MULUT DAN STATUS ORAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN (STUDI DILAKUKAN PADA MIN MESJID RAYA & MIN DURUNG) (Muhammad Zakky , 2016)

PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA/I PROGRAM AKSELERASI DAN REGULER TENTANG PENYEBAB DAN DAMPAK KEHILANGAN GIGI (STUDI PADA REMAJA USIA 15-17 TAHUN DI SMAN 3 KOTA BANDA ACEH DAN SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR) (RIO RASUL ADMIRAL, 2016)

PENGETAHUAN PASIEN TENTANG PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT YANG MEMAKAI GIGI TIRUAN LEPASAN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH. (Febri Yollita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy