//

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA TK BUNGA MEKAR KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Kemandirian anak, sentra bahan alam Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemandirian Anak di Sentra Bahan Alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar” mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemandirian anak di sentra bahan alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak di sentra bahan alam pada TK Bunga Mekar Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus. Pada setiap siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 5-6 tahun yang belum mandiri pada kelompok B TK Bunga Mekar berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja serta rubrik. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan diolah menggunakan rumus persentase. Penelitian ini memfokuskan pada kemandirian anak sehingga anak memiliki keberanian dan rasa percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) adalah sebanyak 6 orang anak (60%). Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%). Respon anak pada siklus I yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 5 orang anak (50%) dan pada siklus II yaitu anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8 orang anak (80%), dengan meningkatnya kemandirian pada siklus I hingga siklus II dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran di sentra bahan alam dapat meningkatkan kemandirian anak. Disarankan pada pendidik dapat menggunakan kegiatan pembelajaran sentra bahan alam untuk dapat meningkatkan kemandirian anak karena dengan kegiatan sentra bahan alam anak dapat bereksplorasi dengan alam sehingga anak menjadi berani, percaya diri, bertanggung jawab dan mandiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI SEULIMEUM ACEH BESAR (putri balkis, 2013)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENDEKATAN SENTRA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B PAUD NURUL HIDAYAH ACEH BESAR (Siti Hawa, 2016)

PERANAN SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP RNDI SMP KECAMATAN SEULIMEUMRNKABUPATEN ACEH BESAR (Kamaruddin, 2014)

PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI SENTRA BAHAN ALAM PADA PAUD TERPADU DHARMA WANITA KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Yunisari, 2016)

PENGARUH PEMANGKASAN DAN KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN MELATI (JASMINUM SAMBAC L.) (Lian Titin Ruwenza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy