//

KOMBINASI PROSES KOAGULASI DAN FILTRASI UNTUK MENGHILANGKAN ZAT PADAT DARI AIR PESISIR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Sejati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dosis koagulan, waktu pengendapan dan waktu filtrasi yang lebih efektif serta mendapatkan persen penyisihan dari beberapa parameter dalam proses pengolahan air payau menjadi air bersih dengan menggunakan kombinasi proses koagulasi dan filtrasi. Analisa yang dilakukan yaitu : Turbiditas, TSS, dan TDS, jenis koagulan yang digunakan yaitu Aluminium Sulfat sedangkan jenis filtrasi yang digunakan yaitu pasir silika, pasir, ijuk dan arang. Dosis Aluminium Sulfat yaitu sebesar : 6, 10, dan 14 ppm dengan pengendapan selama 30, 45 dan 60 menit. Sedangkan waktu filtrasi yaitu : 9, 18 dan 28 menit dari hasil penelitian yang di peroleh dosis Aluminium Sulfat dengan waktu pengendapan yang lebih efektif menurunkan nilai parameter yaitu dosis koagulan 6 ppm dan waktu pengendapan selama 60 menit dimana persen penyisihan didapat sebesar Turbiditas 74,699%, TSS 4,475% dan TDS 17,875%. Sedangkan waktu filtrasi yang lebih efektif menurunkan nilai parameter yaitu selama 28 menit dimana persen penyisihannya didapat sebesar Turbiditas 97,759%, TSS 4,141% dan TDS 6,843%. Kombinasi proses koagulasi dan filtrasi yang didapat pada hasil proses koagulan dan penyaringan yang terbaik dan lebih efisisen di dapatkan hasil penurunan nilai Turbiditas sebesar 0,29 NTU, TSS sebesar 0,116 mg/l, TDS sebesar 0,69 mg/l dimana persen penyisihannya didapat sebesar Turbiditas 69,398%, TSS 7,281% dan TDS 4,939%. Kata Kunci : Air payau, koagulasi, dan filtrasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMBINASI PROSES KOAGULASI DAN FILTRASI UNTUK MENGHILANGKAN WARNA DAN ZAT PADAT DARI AIR PAYAU (Zahriana, 2017)

KOMBINASI FILTRASI KARBON AKTIF DAN TEKNOLOGI MEMBRAN UNTUK PENYISISHAN KEKERUHAN, TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR TSUNAMI (Arif Fadillah, 2017)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA NILAI INDEKS PLASTISITAS DENGAN PARAMETER KUAT GESER TANAH DESA GUE GAJAH KABUPATEN ACEH BESAR (fauzan, 2016)

UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS KOAGULAN PADA PROSES PENGOLAHAN AIR BAKU (fitri reska, 2016)

UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JENIS KOAGULAN PADA PROSES PENGOLAHAN AIR BAKU (DEWI WAHU UTARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy