//

SIMULASI NUMERIK SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FACHRURRAZI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya merupakan salah satu industri pembangkit listrik pertama di Aceh yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. PT PLN sebagai pengelola membangun sebuah pelabuhan khusus yang digunakan untuk mempermudah bongkar muat batubara demi operasional pabrik. Setelah proses konstruksi selesai dikerjakan, pelabuhan ini belum dapat difungsikan karena adanya pendangkalan di kolam pelabuhan yang disebabkan besarnya angkutan sedimen. Sedimentasi yang terjadi di kolam pelabuhan ini mengakibatkan terganggunya aktivitas pergerakan kapal yang akan berlabuh maupun berlayar. Permasalahan sedimentasi tersebut membutuhkan penanganan yang tepat, baik dalam konteks teknik maupun manajerial. Model numerik dibutuhkan untuk memberikan gambaran mengenai proses sedimentasi yang terjadi serta menjadi salah satu cara yang dapat digunakan dalam upaya pengambilan keputusan terkait dengan penanganan yang perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi volume dan laju sedimentasi yang terjadi di Kolam Pelabuhan PLTU Nagan Raya yang dipengaruhi oleh aktivitas gelombang dan arus dengan menggunakan piranti lunak Delft3D. Objek yang ditinjau pada penelitian ini adalah sedimentasi di dalam kolam pelabuhan. Simulasi dilakukan dalam dua skenario tata letak kolam pelabuhan yaitu skenario konstruksi existing dan skenario desain alternatif dengan menggunakan tiga arah angin dominan yang berpengaruh terhadap pembangkitan gelombang yaitu arah Barat, Barat Daya, dan Selatan. Skenario pertama dimodelkan dengan kondisi existing yang menggunakan konstruksi breakwater dan u-box submersible. Panjang breakwater sebelah kiri 140 m dengan 392 m u-box submersible dan breakwater sebelah kanan 442 m dengan 165 m u-box submersible, sedangkan pada skenario kedua menggunakan konstruksi breakwater seluruhnya. Panjang breakwater sebelah kiri 450 m dan sebelah kanan 650 m. Setelah satu tahun simulasi terhadap dua skenario tersebut diperoleh volume sedimentasi pada skenario pertama sebesar 49.621,28 m3 dengan laju sedimentasi 4.135 m3/bulan, sedangkan pada skenario kedua volume sedimentasi sebesar 19.339,99 m3 dengan laju sedimentasi yang terjadi 1.611,66 m3/bulan. Kata kunci : simulasi numerik, sedimentasi, kolam pelabuhan, batimetri, Delft3D.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK BREAKWATER PPI PEUDADA MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Sri Hartuti Nengsih, 2017)

PERENCANAAN ALTERNATIF TATA LETAK DAN DIMENSI PEMECAH GELOMBANG PELABUHAN PLTU NAGAN RAYA (Armido, 2015)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH PARAMETER PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI PANTAI AKIBAT GELOMBANG TSUNAMI (STUDI KASUS : TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Asrita Meutia, 2016)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH KONSTRUKSI GROIN TERHADAP PERUBAHAN GARIS PANTAI KOTA MEULABOH (Nailul Authar, 2017)

SIMULASI NUMERIK PERUBAHAN MORFOLOGI PANTAI AKIBAT KONSTRUKSI JETTY PADA MUARA LAMBADA LHOK ACEH BESAR MENGGUNAKAN SOFTWARE DELFT3D (T. Mudi Hafli, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy